BUMP TO BIRTH

Gerakan Yoga Pereda Sakit Punggung



Sakit punggung dapat sangat mengganggu dan menghalangi aktivitas sehari-hari. Untuk mengurangi sakit punggung, lakukan beberapa pose yoga berikut ini:

1. Downward-facing Dog

Ambil posisi merangkak, kaki dan lutut dibuka selebar pinggul. Posisi tangan selebar bahu dan jari-jari menyebar luas. Tekan tangan Anda kuat-kuat, angkat lutut dari lantai, dan luruskan kaki. Pindahkan tangan ke depan dan kaki ke belakang untuk memperpanjang pose. Angkat paha, sehingga ujung bokong terangkat ke atas dan pastikan tangan, kaki, dan punggung lurus. Posisikan kepala sejajar dengan garis punggung dan tulang belakang.

2. Child's Pose

Child's pose dapat membantu memanjangkan punggung. Gerakan ini juga bisa menjadi 'pereda' stres bagi punggung Anda setelah seharian beraktivitas. Berlutut di lantai dengan posisi kaki saling bersentuhan dan lutut dibuka selebar pinggul. Duduklah di tumit Anda. Baringkan tubuh di antara paha dan bawa dahi ke matras. Luruskan lengan ke depan hingga telapak tangan menyentuh lantai. Tutup mata dan tarik napas panjang.

3. Triangle Pose

Pose ini dilakukan dengan posisi berdiri dan kaki dibuka lebar. Perlahan, tangan kanan turun ke bawah hingga menyentuh lantai. Seiring dengan itu, posisi badan miring dan angkat tangan kiri. Posisi kepala menghadap atas.


4. Cobra pose
Mulailah dengan tengkurap di atas lantai, kemudian angkat tubuh bagian atas dan tahan dengan tangan di lantai sambil menarik napas dalam-dalam. Jangan gunakan tangan Anda untuk mengangkat tubuh, tetapi biarkan tangan hanya sebagai penyangga.

5. Cat and Cow Pose

Posisikan lutut tegak lurus dengan pinggul dan pergelangan tangan tegak lurus dengan bahu. Pastikan tulang belakang Anda lurus dan leher di posisi yang benar, searah dengan tulang belakang. Tarik napas, turunkan perut dan angkat leher sambil memandang ke atas. Gerakan harus dimulai dari ujung tulang ekor, jadi leher adalah bagian terakhir yang bergerak. Hembuskan napas, istirahatkan bagian atas kaki Anda di atas matras. Lalu, lengkungkan tulang belakang dan turunkan kepala sehingga pandangan Anda mengarah ke pusar. Ulangi pose ini bersamaan dengan tarikan dan hembusan napas Anda. (OCH/Dok. Yogaposeweekly)