BUMP TO BIRTH

Bantu Si Kecil Mendapatkan Teman



Bayi yang baru lahir memang dilahirkan untuk siap bersosialisasi. Namun seiring berjalannya waktu, kemampuan untuk bersosialisasi seringkali menjadi permasalahan yang kritis. Hal ini menunjukan bahwa untuk mudah bersosialisasi dan mendapatkan teman bergantung pada kemampuan berkomunikasi yang baik, kepribadian yang baik, dan kontrol emosi yang baik.

Berikut cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu Si Kecil dalam bersosialisasi dan mendapatkan teman:
1. Jadilah seorang pelatih emosi
Setiap orang memiliki emosi negatif dan sifat egois. Maka bantulah Si Kecil dengan menjadi seorang pelatih emosi yang mengajarkan cara mengontrol emosi yang baik.

2. Ajarkan Si Kecil berbicara dengan sopan
Pelajaran awal yang Si Kecil pelajari tentang komunikasi terjadi di rumah. Maka bentuk Si Kecil untuk berkomunikasi dengan baik melalui cara bicara yang benar dan sopan di lingkungan rumah.

3. Mengembangkan empati dan simpati terhadap sesama
Ajarkan Si Kecil untuk peduli terhadap sesama. Dengan demikian Si Kecil dapat belajar untuk menekan sifat egoisnya.

4. Bantu Si Kecil membaca ekspresi wajah
Bantu Si Kecil untuk dapat mengenali apa yang dirasakan oleh orang lain melalui ekspresi wajah. Berikan contoh lalu jelaskan pada Si Kecil secara perlahan.

5. Selalu pantau kehidupan sosial Si Kecil
Biarkan Si Kecil mengeksplorasi lingkungannya, namun tetap awasi dan bantu Si Kecil memilih teman yang tepat.

6. Bila memungkinkan, biarkan Si Kecil bertindak dengan caranya sendiri
Coba biarkan Si Kecil masuk dalam lingkungannya dengan caranya sendiri. Tetap awasi perilakunya namun jangan terlalu mendesaknya untuk mengikuti cara Anda.

7. Berhati-hatilah terhadap kekerasan
Kekerasan sangat tidak sehat bagi kehidupan Si Kecil. Maka berhati-hatilah, jangan biarkan Si Kecil menjadi korban ataupun pelaku atas tindak kekerasan.

8. Sadar akan perbedaan budaya
Setiap orang memiliki budaya dan adat yang berbeda. Agar Si Kecil mudah bergaul, selalu tanamkan padanya untuk bersikap baik, sopan, penolong, simpati, dan setia.

(Cynthia/DT/dok.freedigitalphotos)