BUMP TO BIRTH

Perawatan Kulit Saat Hamil



Ketika hamil banyak masalah kulit yang akan menyerang Anda. Jadi, apa yang sebaiknya dilakukan oleh calon ibu agar kulitnya tetap terjaga dan cantik berseri? Dr. Grace NS Wardhana, SpKK, dari Brawijaya Women and Children Hospital, menyebutkan hal tersebut tidaklah sulit. Rutinitas berikut bisa dengan mudah Anda aplikasikan sehari-hari.


1. Periksa kandungan krim wajah yang selama ini Anda pakai
Begitu hamil, sebaiknya Anda mulai memeriksa kandungan krim-krim perawatan wajah yang Anda gunakan. Bila perlu, konsultasikan dengan dokter kandungan atau dokter kulit, karena tidak semua bahan yang dikandung produk perawatan wajah itu berbahaya. Bila kadarnya masih dalam batas yang bisa ditoleransi, masih bisa digunakan selama kehamilan.

2. Hindari menggunakan sabun mandi batangan

Perubahan hormon sangat berpengaruh pada kondisi kulit. Sebagian besar wanita merasakan kulitnya cenderung kering selama kehamilan. Penggunaan sabun mandi batangan justru akan mendukung kondisi kulit menjadi semakin kering. Sebaiknya gunakan sabut cair yang sifatnya melembutkan kulit.

3. Sayangi dan lindungi kulit Anda

Tetaplah rawat kulit Anda seperti biasa. Pada dasarnya hampir semua produk pembersih wajah aman untuk wanita yang sedang hamil. Yang harus diwaspadai, adalah kandungan retinoic acid yang terlalu tinggi. Bila tidak mengandung kandungan tersebut, produk tersebut tetap bisa digunakan. Jangan lupa gunakan krim tabir surya, terutama bila Anda akan terpapar sinar matahari.

4. Berikan nutrisi yang dibutuhkan kulit

Ibu hamil tetap bisa membuat kulitnya terlihat segar dengan home-made masker. Gunakan buah-buahan segar, yang disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Misalnya, untuk Anda yang berkulit kering, gunakan racikan masker dari buah alpukat yang dihancurkan. Sebaliknya untuk kulit yang cenderung berminyak, gunakan irisan buah lemon untuk mengurangi kilap pada permukaan kulit wajah.

5. Nyamankan juga kulit di sekitar perut

Bagian kulit yang paling ‘bekerja keras’ ketika Anda sedang hamil adalah kulit di sekitar perut. Bayangkan kulit itu harus meregang semaksimal mungkin, tergantung besar bayinya. Seringkali bagian tersebut akan terasa gatal. Untuk itu oleskan krim pelembap khusus agar bagian tersebut tetap terjaga keelastisannya. (M&B)