BUMP TO BIRTH

ASI Perbesar Otot?



Di Australia, ada tren baru yaitu mengonsumsi ASI untuk memperbesar otot atau body building. Tren ini marak di kalangan komunitas body builder. Mereka pun membeli ASI secara online, salah satunya dari toko Only the Breast. Salah satu pria pembeli ASI mengaku ingin minum susu itu untuk alasan kesehatan dan membentuk tubuh. Ia mengutip seorang temannya yang seorang dokter. Menurutnya Sang Teman ini merekomendasikan ASI sebagai produk yang alami.


Tak hanya membeli dari situs online, para penggila body building ini juga membuat tim pencari ASI dan sengaja meminta ibu baru untuk menyumbangkan air susunya. Hal ini dialami oleh seorang ibu bernama Rebecca. Ia dihampiri oleh seorang pria yang memintanya untuk menjual air susu. Dengan heran Rebecca pun bertanya tujuan pria ini meminta ASI-nya. “Jika tujuannya agar bayi tanpa ibu mendapatkan ASI, saya bersedia,” ujar Rebecca. Namun betapa terkejutnya ketika pria ini menjawab, “Oh bukan. Untuk saya sendiri karena saya sedang dalam program membentuk tubuh.” Rebecca pun menolak tawaran pria tersebut.


Menurut Anna Quenault, konsultan khusus ibu menyusui, dalam beberapa situasi ASI memang ada manfaatnya, seperti untuk orang dewasa yang punya masalah pencernaan, kekurangan zat IgA di penerima transplantasi lever, atau pengidap kanker. Namun Quenault tidak berpikir ASI bisa bermanfaat bagi body builder atau atlet. "Susu manusia sebetulnya rendah protein, kandungannya kurang dari satu persen." Quenault juga memperingatkan potensi risiko. Karena tidak ada proses pasteurisasi untuk ASI yang diperjual-belikan seperti di bank susu sapi, sangat mudah untuk ASI yang tidak diminum langsung terkontaminasi penyakit seperti Hepatitis B dan C dan HIV. (OCH/ Dok. CNN.com)