BABY

Tips Merawat Gigi Bayi



Mungkin Moms bertanya-tanya kapan sebaiknya mulai membersihkan gigi buah hati Anda, apakah ketika gigi pertamanya muncul atau mengunggu semua gigi susu telah tumbuh. Tidak sedikit ibu yang belum memahami hal ini. Dengan informasi berikut, kemungkinan bisa membantu Anda, Moms.

1. Menggosok gigi bayi sebaiknya ketika tunas gigi pertamanya tumbuh. Jika memulainya sedini mungkin, Anda akan terbiasa membersihkan giginya. Biasanya gigi pertama muncul pada usia 6 bulan, namun setiap bayi bervariasi. Sebaiknya Anda menyikat gigi Si Kecil sampai usia setidaknya 7 tahun. Jika lewat usia tersebut, biarkan ia yang mengambil alih menyikat gigi sendiri.

2. Ketika menggosok gigi bayi, lebih mudah dengan menggunakan kain kasa bersih. Bungkus jari Anda dengan kain tersebut dan tambahkan pasta gigi di atasnya. Jika Anda ingin menggunakan sikat gigi, pilih yang memiliki permukaan lembut dengan kepala sikat berukuran kecil. Pilih sikat gigi yang sesuai dengan usia bayi Anda. Ganti sikat gigi secara rutin, setidaknya dalam 1-3 bulan sekali.

3. Gunakan pasti gigi yang mengandung fluoride untuk mencegah kerusakan gigi. Periksa tingkat kandungan fluoride dan pilih sesuai dengan kebutuhan bayi Anda. Usia di bawah 4 tahun sebaiknya menggunakan rendah fluoride sedikitnya 1100ppm. Hindari menggunakan pasta gigi yang Anda gunakan sehari-hari karena mengandung tinggi fluoride.

4. Gunakan pasta gigi secukupnya saja. Untuk bayi tidak memerlukan pasta sampai satu bulu sikat penuh. Hindari Si Kecil menjilat pasta gigi dari tube dan pilih yang tidak memilliki rasa buah, agar ia memahami jika pasta gigi bukan makanan.

5. Sikat gigi bayi Anda secara rutin, pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Anda bisa meletakkan bayi duduk di pangkuan Anda untuk membantu mencapai giginya dengan mudah. Gosok gigi secara perlahan dan melingkar serta berkonsentrasi pada bagian gigi dan gusi bertemu.

6. Bawa bayi ketika Anda sedang melakukan kontrol gigi sendiri ke dokter gigi agar ia menjadi terbiasa dengan suasana di ruangan perawatan gigi. Membawa bayi ke dokter gigi sejak gigi susu pertamanya muncul sangat dianjurkan.

Semoga berguna, Moms!

(Meiskhe/DT/dok.M&B UK)