FAMILY & LIFESTYLE

3 Strategi Sukses untuk Ibu Bekerja



Menjadi wanita karier sekaligus ibu rumah tangga tentunya menuntut Anda untuk bisa multitasking. Namun, dengan begitu banyak tugas yang ingin diselesaikan dalam waktu terbatas yang bersamaan, Anda bisa menjadi tidak fokus dan bahkan bisa mengacaukan pekerjaan. Anda pun membutuhkan strategi yang tepat agar sukses menjalani kedua peran tersebut. Berikut tiga strategi sederhana dari M&B untuk Anda!

1. Prioritas
Kebanyakan orang mungkin merasa sulit untuk mengatakan “tidak”, termasuk Anda. Misalnya, saat mendapat undangan makan malam dari klien yang sebenarnya tidak terlalu penting, Anda tidak bisa menolaknya hanya karena merasa tidak enak dan ingin menjaga hubungan baik. Akibatnya, waktu Anda terbuang sia-sia. Untuk itu, sebelum menyetujui suatu permintaan, tanyakan pada diri sendiri, apakah yang akan terjadi jika Anda tidak melakukannya. Jika Anda merasa hal itu bukanlah sesuatu yang harus diprioritaskan, katakan tidak. Anda pun akan menghemat waktu 20-30 persen dan dapat menggunakannya untuk hal lain yang lebih penting.

2. Delegasi
Anda memang harus melakukan yang terbaik untuk segala urusan kantor dan rumah tangga. Tetapi, janganlah membuang waktu dan energi untuk melakukan sesuatu yang tidak Anda sukai, apalagi tidak dikuasai. Contohnya, Anda tidak menyukai pekerjaan bersih-bersih rumah, maka jangan memaksakan diri untuk melakukannya. Di sinilah, pendelegasian itu dibutuhkan! Carilah seseorang yang bisa membantu dan memang senang melakukannya. Fokuslah pada hal lain yang memang Anda sukai, misalnya memasak atau membantu anak mengerjakan PR.

3. Percaya
Temukanlah orang lain yang memiliki kemampuan spesifik dan mampu bekerja sebaik Anda. Tidak hanya satu, mungkin bisa dicari tiga orang sekaligus dan arahkan mereka untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas Anda. Berhentilah berpikir bahwa orang-orang tersebut tidak akan bisa bekerja sebaik Anda. Berikanlah mereka kepercayaan untuk menjadi pendukung, sehingga kesuksesan pun dapat Anda raih.

Dapatkan tips menarik lainnya khusus untuk Anda para ibu bekerja dalam rubrik Career Mum di majalah Mother&Baby setiap edisinya. (DC/Aulia/dok.M&B)