TODDLER

Tips Agar SI Kecil Minum Air Lebih Banyak



Moms, apakah buah hati Anda tidak doyan air? Jika benar, tentu saja Anda harus berusaha agar Si Kecil tidak menolak untuk minum air. Anda pasti sudah tahu khasiat air bagi anak, selain untuk hidrasi juga untuk mengatur suhu tubuh, mencegah sembelit dan mencegah infeksi saluran kemih. Berikut kiat yang bisa Anda coba agar Si Kecil mau mengonsumsi air putih.

1. Selalu sediakan air putih. Di rumah atau ketika Anda keluar bersama SI Kecil selalu bawa air putih. Jika berpikir ia sedang haus, berikan air putih dan memintanya untuk minum lebih dari satu teguk. Anda juga bisa menyediakan hanya air putih di meja dekat Si Kecil dan jangan pernah meletakkan minuman lain bersamanya.

2. Buatlah minum menjadi menyenangkan. Jika benar-benar anak Anda menolak minum air dan hanya menerimanya saat haus saja, Anda harus memutar otak agar SI Kecil menjadi suka minum air. Anda bisa menarik perhatiannya dengan menggunakan sedotan atau mencampur es ke dalam airnya. Biarkan ia melihat Anda menaruh es untuk menarik perhatiannya.

3. Gunakan cangkir khusus. Anda bisa menarik perhatian Si Kecil dengan menggunakan cangkir bergambar lucu atau gambar karakter yang disukainya.

4. Hindari menyediakan banyak pilihan jenis air. Sebaiknya batasi jenis minuman yang tersedia di rumah Anda. Kalau perlu sediakan air putih, susu dan jus saja, agar Si Kecil tidak meminta jenis minuman yang lain.

(Meiskhe/DT/dok.M&B UK)