BABY

Pentingnya 1000 Hari Pertama Pertumbuhan Si Kecil



Tahukah Anda bahwa 1000 hari pertama Si Kecil merupakan saat-saat terpenting bagi tumbuh kembang mereka? Dalam tahap ini Anda harus selalu memerhatikan kebutuhan gizi yang harus dipenuhi secara optimal. Pemenuhan nutrisi pada 1000 hari pertama terhitung sejak dalam kandungan hingga usia 2 tahun dapat menentukan kondisi anak ketika mereka dewasa nanti. Maka, Anda harus memberikan nutrisi yang cukup baik dari segi kuantitas maupun kualitas.

Seperti apa yang disampaikan oleh dr.Fiastuti Witjaksono selaku ahli gizi dalam kampanye “Berdua Jadi Hebat” yang diadakan oleh Sarihusada beberapa waktu lalu, ia menyebutkan bahwa pemberian nutrisi secara lengkap ini akan membantu anak agar tidak mudah terserang berbagai penyakit, hal itu dikarenakan 80 persen pertumbuhan anak dipengaruhi oleh nutrisi yang ada di dalam tubuhnya. “Kalau seorang anak kekurangan nutrisi di 1000 hari pertamanya, ia akan mudah terserang penyakit. Selain itu kemampuan kognitifnya akan kurang dan akan memicu timbulnya penyakit jantung ketika mereka dewasa nanti,” tambahnya.

Makanan bernutrisi tidak hanya baik dalam segi kuantitasnya, yaitu di mana makanan dapat menimbulkan rasa kenyang, namun juga harus baik dari segi kualitasnya, di mana terdapat nutrisi berupa vitamin, karbohidrat, protein, lemak, dan nutrisi lainnya yang terkandung dalam bahan makanan yang beragam dan lengkap. Beberapa nutrisi ini bisa diperoleh melalui berbagai macam bahan makanan seperti sayur, buah, dan susu sebagai pelengkap penghasil protein. “Pemilihan susu juga perlu diperhatikan. Susu sebagai pelengkap harus benar-benar berasal dari susu sapi sebagai sumber penghasil kalsium dan vitamin D yang berguna bagi tulang,” ujar dr.Fiastuti.

(Sintya/DT/dok.M&B UK)