BABY

Tips Membantu Bayi Berkomunikasi



Ketika bayi lahir, satu-satunya cara berkomunikasi dengan Anda adalah melalui tangisan. Menangis adalah caranya mengatakan jika membutuhkan sesuatu. Saat berusia 1 atau 2 bulan, bayi mulai mengeluarkan sedikit suara sebagai tanda mereka bahagia atau puas. Bayi juga mulai mendengus, atau merespons dengan mendengarkan, melihat, tersenyum dan membuat suara ketika Anda berbicara dengannya.

Berikut adalah cara untuk membantu perkembangan komunikasi bayi Anda.

1. Ketika sedang menggendongnya, Anda perlu mengajaknya berbicara. Bayi sangat suka didekap dan mendengar suara orang tuanya.

2. Jika Anda berbicara padanya, berikan kesempatan ia untuk berkomunikasi kembali dengan Anda.

3. Anda perlu menanggapi jika bayi Anda berkomunikasi, misalnya dengan mengulang suara yang ia buat atau dengan meniru ekspresi wajahnya.

4. Ingat untuk terus mengajak bayi Anda mengobrol. Hal ini bisa dilakukan saat Anda memandikannya, mengganti popok atau sedang bermain-main dengannya.

5. Menyanyi untuknya. Ada banyak lagu pengantar tidur yang bisa Anda nyanyikan untuknya atau juga bisa membuat lagu sendiri dengan menyelipkan namanya pada lirik lagu tersebut.

Memberikan waktu untuk bayi Anda adalah hal terbaik yang bisa dilakukan sebagai orangtua. Jangan pernah lupa, Anda adalah gurunya yang pertama dan awal perkembangan bahasa buah hati Anda dimulai dari interaksinya dengan orang tua atau pengasuh.

Good luck, Moms!


(Meiskhe/DT/dok. M&B UK)