TODDLER

Tips Hadapi Si Kecil yang Sulit Makan (1)



Perusahaan YouGov dari Inggris mengeluarkan survei bahwa 1 dari 4 orangtua menyerah menghadapi buah hatinya yang sulit mengonsumsi makanan sehat. Dan yang mengejutkan, 68 persen dari mereka merasa frustasi dan stres menghadapi situasi ini.

“Orangtua khawatir anak-anak mereka yang sulit makan tidak mendapatkan nutrisi yang cukup. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab masalah sulit makan pada anak adalah hal yang normal terjadi. Saya pun mengalaminya dan Si Kecil tidak suka mengonsumsi jenis makanan yang berwarna hijau,” ujar Dr Pixie McKenna, seperti dilansir melalui M&B UK. Jika Anda sedang mengalaminya, ada beberapa tips dari Dr Pixie yang bisa Anda terapkan. Semoga berhasil, Moms!

1. Anda tidak boleh melupakan bahwa masalah sulit makan pada anak adalah hal yang umum terjadi, yaitu sekitar 30 persen dari mereka melewati fase ini. Jadi bersabarlah, karena hampir seluruh anak akan makan ketika mereka lapar.
2. Rasanya memang sulit menahan rasa frustasi ketika Si Kecil rewel dan menolak makan. Kendati demikian, apabila Anda terus-terusan emosi, Si Kecil malah akan semakin berulah karena merasa mendapatkan perhatian.
3. Waktu makan adalah waktu terpenting bagi keluarga fokus untuk berkomunikasi dan mempererat bonding. Ini berarti semua orang akan duduk di satu ruangan yang sama dan makan makanan yang sama pula. Karenanya, bila Anda ingin Si Kecil makan sayur, jangan sampai Anda sendiri atau anggota keluarga lainnya tidak makan sayur juga ya, Moms.
4. Berlakukan rutinitas. Terapkan 3 kali makan dan kudapan ringan di sela-sela jam makan setiap harinya. Berikan waktu Si Kecil makan selama 30 menit, dan langsung rapikan meski ia belum selesai makan tanpa banyak bicara. Dengan begitu ia tahu bahwa hanya ada 2 pilihan, harus makan atau tidak ada makanan sampai jadwal makan berikutnya.
5. Minum terlalu banyak bisa menjadi salah satu penyebab anak sulit makan. Oleh karena itu, batasi susu atau jus buah Si Kecil. (Sagar/DT/Dok. M&B UK)

Baca juga : Tips Hadapi Si Kecil yang Sulit Makan (2)