ARCHIVE

Memahami Keajaiban ASI di M&B Fair 2015



Manfaat ASI ternyata tidak hanya bisa dirasakan oleh bayi namun juga sang ibu. Hal tersebut diungkapkan oleh dr. Dewi Setiawati, SpA. MKes dari RS Hermina Pasteur dalam talkshow Keajaiban ASI bersama Sleek Baby dalam acara MB Fair 2015 di Graha Manggala Siliwangi Bandung pada 14 Agustus 2015.

Menurut dr. Dewi, ASI adalah sumber makanan yang tepat yang dibutuhkan bayi karena di dalamnya terdapat banyak nutrisi, di antaranya protein yang mudah diserap usus. "Itulah kenapa bentuk BAB bayi ASI berbeda dengan bayi sufor. Protein ASI lebih mudah diserap sehingga membantu pencernaan bayi," ujarnya. Protein tersebut juga merupakan faktor anti infeksi sehingga bayi ASI tidak mudah terkena penyakit dan sangat jarang ditemui mengalami obesitas.

Selain protein dalam jumlah tepat, ASI juga mengandung asam lemak esensial, enzim lipase untuk mencerna, mengandung banyak laktosa, oligosakarida untuk anti infeksi, dan tinggi vitamin A. ASI ekslusif selama 3 bulan pertama dapat mencegah risiko rhinitis alergi pada anak.

Keajaiban ASI juga bisa dirasakan oleh ibu, terutama saat menyusui. Dr. Dewi menjelaskan bahwa untuk ibu terdapat efek positif yang memengaruhi psikologisnya di antaranya memperkuat bonding dengan bayi, lebih puas secara emosional, menumbuhkan kasih sayang, dan manfaat lainnya adalah menunda kehamilan dan lebih ramah lingkungan karena tidak membutuhkan kemasan saat menyusui secara langsung.

Untuk itulah dr. Dewi menganjurkan setiap ibu memberikan ekslusif kepada buah hatinya karena selain baik untuk kesehatan, ASI merupakan hak asasi setiap bayi.

(Meiskhe/DT/dok.MB)