TODDLER

Ajarkan Si Kecil Untuk Berbagi



Sebagai balita, menawarkan atau membagi sesuatu kepada orang lain awalnya merupakan “kewajiban” yang perlu Anda tekankan pada mereka. Tetapi, lebih baik Anda mulai mendidiknya dari sekarang dengan cara berikut ini ya, Moms.

1. Bangun kepercayaan dirinya. Memegang teguh kepemilikannya bisa membuatnya merasa penting dan berotoritas. Jika ia sudah cukup PD, ia tidak perlu banyak materi untuk disombongkan.

2. Jangan paksa ia untuk berbagi. Dengan memaksa, ia akan merasa bahwa Anda menganggap remeh kebutuhannya. Ia juga bisa merasa terancam dan gelisah bahwa sewaktu-waktu, barang miliknya harus direbut paksa darinya. Lagipula, kalau ia memberi dengan keterpaksaan, artinya didikan Anda belum berhasil. Orang harus memberi dengan tulus.

3. Perkenalkan konsep “milik bersama”. Tunjukkan bahwa ada fasilitas umum yang bisa dipakai seluruh keluarga, seluruh murid di sekolah, dan seterusnya. Ajarkan juga etika bergiliran atau berganti-gantian.

4. Tunjukkan Anda mengerti bahwa berbagi memang tidak mudah. Jika ia tahu bahwa Anda sadar betapa berharganya barang itu bagi Si Kecil, ia akan berpikir bahwa Anda juga akan menjaga barang tersebut. Anda juga bisa mengajaknya lebih berempati dengan mengatakan, “Yah, Farrel jadi sedih tuh karena ia tidak bisa pinjam puzzle-mu.”

5. Permisi sebelum meminjamkan barangnya pada orang lain. Hormati rasa kepemilikannya dengan meminta izin dari Si Kecil sebelum mengambil miliknya dan meminjamkannya pada orang lain. Ia tidak akan kehilangan otoritasnya dan akan menghargai respek Anda. Jika ia tidak langsung mengiyakan, jangan paksa. Cobalah beberapa saat kemudian dengan rayuan yang lebih manis.

6. Berbagi barang dengan Si Kecil. Memberi contoh dengan berbagi makanan atau majalah Anda, akan membuatnya sadar bahwa dibagi itu menyenangkan. Anda juga boleh menawar, “Kalau kamu pinjamkan mobil-mobilanmu ke adik, kamu boleh pinjam buku mama.”

7. Perkenalkan konsep pinjam-meminjam. Jelaskan bahwa jika kita meminjamkan barang, orang itu akan mengembalikan barang tersebut. Cobalah pinjam bonekanya selama beberapa menit lalu kembalikan lagi. Atau pinjamkan ia gelang Anda, dan minta kembali darinya. Begitu juga dengan barang milik bersama yang dipakai tapi tidak boleh dibawa pulang seperti ayunan atau krayon di sekolah.

8. Puji semua usahanya dalam berbagi. Meski kecil dan tidak terlalu penting, tunjukkan bahwa Anda memerhatikan dan menghargai tindakannya. Semakin sering ia terpapar situasi di mana ia harus membagi atau dibagi, semakin ia terlatih menghadapi situasi itu dengan baik. Pujian dan tuntunan Anda akan membantu perkembangan psikologisnya ini. (FR/Sagar/DT/Dok. M&B)