BUMP TO BIRTH

Perubahan Payudara selama Hamil



Masa kehamilan memang penuh kejutan. Pada masa ini, akan banyak perubahan yang terjadi pada tubuh Anda karena berkembangnya hormon kehamilan, salah satunya mengalami pembengkakkan pada payudara. Hal tersebut membuat bentuk payudara Anda lebih besar dari sebelumnya, dan mengalami gejala-gejala tertentu, seperti berikut ini.

1. Nyeri payudara
Bagi ibu yang baru mengalami kehamilan pertama, mungkin Anda akan mengalami nyeri pada payudara selama beberapa minggu pertama masa kehamilan. Dikutip dari M&B UK, rasa nyeri pada payudara ini ternyata adalah salah satu petunjuk awal bahwa Anda sedang hamil. Bagian yang juga terlihat perubahannya adalah bentuk puting susu Anda. Peningkatan hormon progesteronlah yang membentuk pertumbuhan saluran susu pada payudara Anda, sehingga bentuk puting pada payudara Anda terlihat agak berbeda. Pakailah bra khusus untuk kehamilan agar payudara Anda terasa lebih nyaman.

2. Payudara lebih besar
Payudara Anda jelas akan tumbuh lebih besar selama kehamilan. Sepanjang kehamilan, ukuran cup bra Anda mungkin akan meningkat, setidaknya satu atau dua ukuran lebih besar. Menurut Dr Dib Datta, konsultan dokter kandungan dan ginekolog asal Inggris, pertumbuhan ini akan menyebabkan payudara Anda terasa sangat gatal. Hal ini terjadi karena adanya peregangan kulit dan kondisi ini juga dapat mengakibatkan stretch mark. Gunakan minyak dan krim khusus untuk mengatasi stretch mark saat hamil.

3. Tampilan payudara
Saat hamil, puting dan areola (daerah sekitar puting) Anda mungkin akan terlihat lebih gelap, dan juga bertambah bengkak. Selain itu, jangan kaget jika garis urat pada payudara Anda menjadi lebih terlihat pada permukaan kulit. Hal tersebut normal terjadi, karena adanya peningkatan pasokan darah ke payudara Anda.

4. Bocor susu
Saat memasuki usia kehamilan 16 minggu, mungkin Anda akan mengalami bocor susu pada puting Anda. Dr Dib Datta mengatakan, payudara ibu hamil mengeluarkan kolostrum, yaitu cairan yang kental dan kekuningan. Ini adalah jenis cairan yang berasal dari kelenjar susu Anda. Beberapa ibu bahkan mengalami bocor susu disertai sedikit darah. Jika ini terjadi, sebaiknya periksakan ke dokter.

5. Benjolan di payudara Anda
Benjolan pada payudara seringkali menakutkan bagi sebagian wanita, mengingat benjolan pada payudara menjadi salah satu gejala kanker atau tumor. Namun, hal ini sering terjadi selama hamil, karena pertumbuhan hormon kehamilan. Benjolan payudara kehamilan ini bisa merupakan beberapa jenis kista, yaitu kista yang berisi cairan, galatoceles atau kista yang berisi susu, dan fibroadenoma (jaringan fibrosa). Ketiganya dapat terjadi selama kehamilan. Bila terjadi benjolan di payudara, sebaiknya periksakan ke dokter segera untuk mendapatkan penanganan yang tepat. (Aulia/dok.foto: M&B UK)