BUMP TO BIRTH

Atasi Lelah saat Hamil



Cepat lelah merupakan salah satu keluhan saat hamil dan bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Dengarkan tubuh Anda dan penuhi apa yang ia butuhkan. Jangan paksakan diri. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi lelah saat hamil.

  • Tidurlah lebih awal. Selama hamil, tubuh Anda perlu banyak waktu tidur. Inilah cara sederhana menjaga kehamilan Anda.

  • Sesuaikan jadwal Anda. Kurangi waktu jalan-jalan bersama teman. Tak perlu mengkhawatirkan kerapian rumah. Hentikan kebiasaan kerja lembur. Pastikan akhir minggu Anda bebas pekerjaan. Jika Anda terlalu lelah bahkan untuk bangun dari tempat tidur, liburkan diri Anda. Jika Anda ibu rumah tangga, minta bantuan orang lain untuk mengurus rumah atau anak Anda yang lain.

  • Tidur siang. Curi waktu tidur siang 15-25 menit menit saja. Setelah itu, minum minuman segar, energi Anda pun terpompa kembali.

  • Makan yang baik dan benar. Anda perlu sekitar 300 kalori ekstra setiap hari. Dan jangan berpikir Anda bisa menambahnya dengan keripik atau gorengan. Diet sehat terdiri dari sayur, buah, gandum utuh, susu skim, dan daging tanpa lemak. Semua ini bisa membuat Anda berenergi.

  • Jangan lupa ngemil. Isi bensin tiap 2 jam sekali. Camilan sehat, seperti cokelat hitam, kacang almond, dan yoghurt, bisa membuat Anda lebih “melek” daripada secangkir kopi atau soda. Minum cukup banyak air putih untuk mencegah dehidrasi.

  • Berolahragalah setiap hari. Dengan membiasakan diri jalan kaki 15 menit saja, hari Anda akan lebih ringan. Di tengah hari, bangunlah dari kursi Anda dan lakukan peregangan sambil tarik napas panjang. (OCH/ Dok. M&B UK)