BABY

Melatih Anak Agar Cepat Bicara



Bicara adalah milestone anak yang paling dinantikan orangtua. Untuk melatih kemampuan bicara Si Kecil, Anda perlu memperkaya kosakatanya dan mengajak ia berkomunikasi sejak masih bayi lho, Moms! Dilansir melalui Babycenter, inilah beberapa hal penting yang juga harus dilakukan:

1. Bicara. Setiap Anda sedang bersama Si Kecil, ajak ia bicara. Kalau ia belum mengerti, Anda dapat mendeskripsikan apa yang sedang dilakukan, menunjukkan kepadanya berbagai objek, bertanya, dan bernyanyi untuknya. Sesekali, Anda boleh menggunakan bahasa bayi, namun usahakan untuk berbicara dengan jelas supaya ia belajar bahasa yang baik.

2. Membaca. Membacakan Si Kecil cerita merupakan cara terbaik untuk mengenalkannya pada beragam kosakata baru, merangkai kata-kata yang tepat, serta mengenalkan alur sebuah cerita. Ketika masih bayi, ia akan senang mendengarkan suara Anda saat bercerita. Memasuki tahapan balita, Si Kecil akan menikmati cerita dan gambar-gambar di dalam buku cerita yang Anda bacakan. Sedangkan memasuki masa pre-school, ia akan bersemangat menceritakan adegan apa yang terjadi berikutnya di buku favoritnya!

3. Mendengarkan. Meski bayi hanya pandai bergumam, bukan berarti ia tidak mau didengarkan ya, Moms! Jadilah pendengar yang baik dan respons gumamannya. Dengan begitu, ia akan semangat bicara kepada Anda. (Sagar/DC/Dok. M&B)