TODDLER

Saat Si Kecil Merasa Homesick



Kerinduan akan rumah atau homesickbisa dialami siapa saja, termasuk Si Kecil. Ya! Meski dalam waktu relatif singkat, ia bisa mengalami hal tersebut, apalagi jika harus berjauhan dari Anda. Misalnya, saat dititipkan ke daycare, pergi sekolah, atau menginap di rumah kerabat. Jangan khawatir! Masalah rindu rumah ini bisa diatasi dengan mudah. Berikut tipsnya.

Tetapkan Jadwal

Jika Si Kecil menjadi sedih dan murung karena rindu rumah, coba atur jadwal kegiatannya. Balita biasanya merasa lebih nyaman apabila mengetahui apa yang akan terjadi pada dirinya. Beritahukan kegiatan rutin yang harus ia lakukan, seperti sehabis makan, main, membuat prakarya, makan siang, tidur siang, jalan-jalan, dan bermain lagi.

Apabila Si Kecil dititipkan ke daycare, samakan jadwal hariannya di rumah dengan rutinitas di tempat itu. Sementara kalau terpaksa menginap di rumah kerabat tanpa Anda dampingi, pastikan Anda menginformasikan soal jadwal harian itu kepada orang yang akan menjaganya.

Beri Perhatian Ekstra

Peluk, ajak berbicara, atau usap punggung Si Kecil saat ia terlihat gundah karena harus berpisah dengan Anda. Hal ini akan membuatnya nyaman dan lebih percaya diri saat ditinggalkan. Dengan begitu, pikirannya tidak lagi tertuju pada rumah dan ia bisa nyaman bermain di daycare atau tempat lainnya. Perlu dipahami bahwa rindu rumah terkadang muncul karena Si Kecil merasa bahwa hanya di rumah ia bisa bebas bertemu Anda.

Alihkan Kerinduannya

Menyibukkan Si Kecil akan membuat kerinduannya teralihkan. Jika menginap di rumah kerabat, pastikan Anda membekalinya dengan beragam mainan kegemarannya. Dan sekali lagi, informasikan benda itu kepada orang yang akan mengasuhnya.

Penuhi Kebutuhan Fisiknya

Pastikan bahwa Anda memenuhi semua kebutuhan fisik Si Kecil. Jika ia lapar, mengantuk, atau lelah, ia akan menjadi sangat rewel dan rindu rumah.

Beri Kesempatan Menelepon

Informasikan nomor telepon Anda atau suami kepada orang yang menjaga Si Kecil. Jika ia merasa rindu, ajarkan untuk mengatakan hal itu kepada pengasuh sementaranya, sehingga ia bisa menelepon Anda. (Deonsia/DC/Dok. M&B)