BUMP TO BIRTH

Posisi Paling Tepat untuk Menyusui Bayi Prematur



Untuk menyusui bayi prematur diperlukan posisi yang tepat agar asupan ASI diterima dengan sempurna. Posisi ibu selama menyusui pun harus senyaman mungkin, bisa dengan sandaran dan meletakkan pijakan kaki. Perlu diketahui bahwa posisi bayi dan proses mengisap, menelan, serta bernapas yang tidak selaras sering kali menjadi penyebab menyebabkan kegagalan bayi menyusu langsung. Untuk itu, terapkan posisi yang tepat saat menyusui bayi prematur, seperti berikut:

Football-hold

  • Gunakan bantal untuk menopang bayi.
  • Letakkan bayi di bawah lengan Anda, sehingga tungkai dan kakinya berada di bawah ketiak. Hidung dan mulut bayi harus berada sedekat mungkin dengan puting payudara.
  • Ketika kepala bayi berada di sebelah kanan payudara Anda, letakkan tangan kanan di belakang lehernya dengan telapak tangan menyangga kepala, leher, dan bahu. Jari tangan Anda harus menyentuh kedua telinga bayi, sementara tangan kiri memegangi payudara kanan.
  • Letakkan ibu jari tangan kiri Anda di atas areola melewati hidung bayi dan jari telunjuk pada dagunya. Pastikan tubuh bayi berada di antara payudara dan lengan Anda.

Cross-cradle hold

  • Letakkan bantal di depan tubuh Anda. Baringkan bayi di atas bantal dengan posisi hidung, pusar, dan lutut sejajar dan menghadap Anda.
  • Jika bayi akan menyusu dengan payudara kanan, gunakan tangan kiri untuk menopang tubuhnya, dan gunakan tangan kanan untuk menopang payudara. Putar tangan kanan membentuk huruf 'u' untuk menopang payudara. Letakkan tangan kiri di leher bayi dengan telapak tangan menopang kepala, leher, dan bahunya. (Deonisia/DC/Dok. M&B)