FAMILY & LIFESTYLE

Let's Build a Snowman in Oberammergau!



Di awal 2016, tidak ada salahnya jika Moms sudah menyiapkan rencana berlibur bersama keluarga! Bingung akan berwisata ke mana? Salah satu mom pembaca Mother&Baby, Icha, berbagi pengalaman tentang educational travel bersama Si Kecil, Anela Kaylea, 4, ke kota Oberammergau di provinsi Bavaria, Jerman!

Bagi Anda yang ingin menghilangkan kejenuhan atas hiruk-pikuk kota besar, Oberammergau, yang sangat cantik cocok menjadi pilihan Anda. Kota ini diisi rumah-rumah kayu yang dindingnya berhias mural, dikelilingi pegunungan Alpen, dan dilewati sebuah sungai kecil.

Dari Munich menuju Oberammergau, Anda dapat menggunakan kereta api yang berangkat dari MUNICH HAUPTBANHOFF selama 30 menit. Namun, Anda juga bisa menyewa mobil dan mengambil rute ROMANTISCHE STRASSE sambil menikmati pemandangan pegunungan Alpen yang spektakuler.

Penginapan di Oberammergau berbentuk seperti lodge, serasi dengan suasana pegunungan. Hotel yang terletak di pusat kota dan sangat sering dijadikan objek foto oleh para turis adalah Hotel Alte Post. Cobalah Veal Schnitzel mereka yang so yummy!

Untuk menyibukkan Si Kecil selama berlibur, daftarkanlah ia ke sekolah ski Kolbensattel. Instruktur yang berpengalaman akan mengajari ia bermain ski layaknya seorang profesional. Selain itu, ada Colben Chair Lift, yaitu lift yang dapat mengangkut 2 orang penumpang dari stasiun Oberammergau sampai Kolbensattel Lodge. Hiruplah udara segar sambil menikmati pemandangan Pegunungan Alpen yang spektakuler. Tak kalah menarik adalah Alpine Coaster Geoffnet yang meluncur dari Kolbensattel Lodge menuju Oberammergau, seru!

Terpikat Drama
Oberammergau adalah kota yang terkenal dengan kegiatan teater mereka 'Passion Play', yakni drama teatrikal mengenai proses pengadilan, perjuangan, dan penyaliban Yesus Kristus. Biasanya, drama ini dilaksanakan 10 tahun sekali saat Paskah.

Sekolah NATO (North Atlantic Treaty Organization) juga terletak di Oberammergau, di bekas barak Hoetzendorf Casern yang dibangun pada 1935. Sekolah militer multinasional ini mengajar segala hal berhubungan dengan segala kebijakan NATO, strategi, misi, dan operasional.

Jangan sampai ketinggalan Christmas Market di Oberammergau yang menjual barang-barang hasil produksi setempat, seperti pakaian, sepatu, baju, boneka, mainan. Pasar ini benar-benar manis, selayaknya pasar di buku cerita masa kecil.

Bila Anda beragama Nasrani, yang harus dibeli adalah ukiran kayu mengenai adegan-adegan kisah hidup Yesus Kristus, sejak lahir sampai disalib. Bagi Muslim dan agama lain jangan khawatir! Mantel bulu, boneka porselen, boneka nutcracker, dan jam cuckoo banyak ditemukan di sini.

Kastil Negeri Dongeng
Tak jauh dari Oberammergau, terletak kastil Neuschwanstein, yang seperti kastil negeri dongeng. Kastil ini dibangun dari mimpi Raja Ludwig II dari Bavaria pada abad ke XIX. Sebenarnya, Raja Ludwig II membangun Neuschwanstein sebagai tempat peristirahatan pribadinya, sehingga tidak sembarang orang boleh ke sana. Namun ironisnya, segera setelah kematiannya pada 1886 (kematian yang misterius), kastil dibuka untuk umum. Sejak saat itu, setiap tahun sekitar 1,3 juta orang mengunjungi kastil Neuschwanstein. Kastil cantik ini menjadi inspirasi bagi Walt Disney untuk membangun Sleeping Beauty Castle.

Kastil ini terletak di atas bukit, untuk menuju ke sana, Anda dapat berjalan mendaki bukit atau menaiki kereta kuda. Karena terinspirasi dari mimpi, keseluruhan kastil ini benar-benar seperti negeri dongeng. Raja Ludwig II yang merupakan penggemar dari penyair dan penggubah opera bernama Richard Wagner, memerintahkan untuk melukis mural di dinding berdasarkan adegan-adegan di dalam opera Wagner. Dan pada zamannya, kastil tersebut termasuk hi-tech karena telah memiliki keran air dan flush-toilet!

Raja Ludwig II hanya menempati kastil selama 11 hari. Saat ia dinyatakan sakit, ia pun dipindahkan ke Kastil Berg. Keesokan harinya, tubuh Ludwig ditemukan tak bernyawa di Danau Starnberg, dengan posisi kepala dan bahu terbenam di air yang dangkal. Sampai sekarang, tak ada yang mengetahui apa yang terjadi. Kematian Fairy Tale King dari Bavaria itu tetap menjadi misteri sekaligus menjadi daya tarik dari Neuschwanstein Castle. (FK/Sagar/DC/Dok. Pribadi)