BABY

Ajari Bayi Berenang

bayi berenang


Mengajarkan bayi Anda berenang adalah pengalaman yang mengasyikkan. Setelah 'berenang' selama 9 bulan dalam air ketuban, tak mengherankan bila bayi Anda menjadi lebih mudah untuk beradaptasi di dalam air begitu lahir ke dunia. Di bulan-bulan awal kelahirannya, jangan heran bila ia langsung menjadi seorang 'perenang' alami.


Bayi Anda lahir dengan refleks menyelam. Ketika kepalanya terendam air, ia akan dapat langsung menahan napasnya. Bayi pun akan lebih dulu bisa berenang di dalam air sebelum ia bisa berenang di permukaan. Namun, refleks dan kemampuan ini akan hilang saat ia berusia 1-1,5 tahun.


Setelah berenang, biasanya Si Bayi akan lebih mudah untuk makan dan tidur. Selain itu, berenang memang sangat bermanfaat untuk melatih kaki dan tangannya, membantu menguatkan jantung dan paru-paru, serta sistem pernapasannya. Anak yang berenang sejak bayi akan memiliki perkembangan motorik yang lebih baik, karena berenang membuat anggota tubuh bergerak, mulai dari kaki, tangan, hingga kepala. Bayi yang berenang juga memiliki kemampuan berbicara yang lebih cepat. Berenang secara rutin terbukti dapat memengaruhi nafsu makan dan pola tidurnya. (Aulia/DMO/Dok. M&B)