FAMILY & LIFESTYLE

Ayah, Hormati dan Hargai Si Kecil!



Dads, tanpa sadar, Anda mungkin kerap melontarkan kata-kata dengan nada tinggi kepada Si Kecil. Sadarkah Anda bahwa kata-kata seruan seperti itu dapat menyakiti, serta membuatnya merasa tidak dihargai dan dihormati? Richard Templar, penulis The Rules of Parenting mengatakan, Si Kecil akan meniru tindakan dan perkataan yang Anda ucapkan. Jadi, jangan kaget jika suatu hari, ia tidak bersikap santun lantaran meniru Anda.

Cara menghormati dan menghargai Si Kecil tidaklah sulit. Kata-kata seperti, "Tolong gosok gigimu, Nak," atau "Tolong rapikan mainanmu ya, sayang," dan lainnya mungkin terdengar seperti permintaan. Namun, ia sebenarnya tidak memiliki pilihan selain menaati perkataan Anda tersebut. Anda juga harus berusaha untuk tidak mengingkari janji atau berbohong kepadanya. Bicaralah jujur dan jangan 'mengiming-imingi' sesuatu agar Si Kecil menuruti keinginan Anda. Dengan begitu, ia pun akan meniru dan belajar untuk menghormati Anda.

Jangan pula memaki dan berkata-kata kasar, misalnya ketika menyetir di jalan. Tunjukkan sopan-santun Anda, agar Si Kecil belajar menghormati orang-orang yang ada di sekitarnya. Jika ia melakukan hal-hal yang baik, misalnya membuang sampah pada tempatnya atau berani maju ke depan kelas dan bernyanyi, pujilah ia. Percayalah, dengan melakukan hal-hal kecil seperti ini, Anda dapat membangun masa depan yang lebih baik bagi Si Kecil.(Lydia Natasha/DC/Dok. M&B UK)