BUMP TO BIRTH

5 Fakta ASI yang Harus Anda Ketahui!



ASI didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan bayi. Dan, Anda pasti juga sudah mengetahui bahwa ada jutaan manfaat yang bisa Anda dapatkan saat menyusui Si Kecil. Ketahui pula 5 fakta tentang ASI berikut untuk menambah semangat Anda dalam menyusui.

1. Lebih dari 400 nutrisi serta zat antibodi untuk melawan infeksi terdapat di dalam ASI. Karenanya, tidak ada yang bisa menandingi manfaat kandungan ASI. World Health Organization (WHO) pun merekomendasikan para ibu untuk memberikan ASI eksklusif minimal 6 bulan kepada bayi mereka.

2. Sesaat setelah melahirkan, Anda tidak akan langsung memproduksi ASI sebanyak yang diharapkan. Namun, jangan khawatir! Payudara Anda akan mengeluarkan cairan kolostrum, yang mengandung protein dan zat kekebalan tubuh yang diperlukan Si Bayi.

3. Setiap kali menyusui, bayi akan mendapatkan 2 jenis susu. Jenis pertama adalahfore milk, bentuknyaencer dan berguna untuk melepaskan rasa haus. Berikutnya, ia akan mengisaphind milkyang kental, berkalori, mengandung lemak, serta memiliki banyak kebaikan yang bermanfaat bagi pertumbuhannya.

4. Selama menyusui, Anda harus menjaga kondisi tubuh. Kelelahan, kurang gizi, dan dehidrasi dapat memengaruhi produksi ASI. Karenanya, Anda perlu minum banyak air putih, tidur sesering mungkin, dan menikmati makanan ringan tinggi energi, seperti cokelat, sereal, atau buah.Tambah asupan kalori Anda sekitar 500 kalori per hari, serta jaga pola makan secara teratur. Jangan khawatir soal berat badan, dengan menyusui Anda bisa membakar kalori hingga 450 kalori per hari.

5. Ada beberapa ibu yang bisa mengeluarkan ASI dengan lancar, ada pula yang tidak. Setidaknya, 21 persen ibu berhenti memberikan ASI pada 2 bulan pertama, karena merasa kesulitan menyusui. Jika Anda memiliki masalah fisik atau medis, dokter atau bidan pasti dapat membantu. Konsultasikan apa pun masalah yang Anda hadapi saat memberi ASI, termasuk masalah psikologis. (Aulia/DC/Dok. M&B)