TODDLER

7 Cara Merangsang Koordinasi Tangan dan Mata Si Kecil



Banyak aktivitas yang bisa dilakukan balita. Kemampuan konsentrasi yang semakin baik pun memungkinkannya melakukan koordinasi tangan-mata yang lebih kompleks. Apa saja yang bisa Anda lakukan untuk merangsang keterampilan tersebut?

1. Tempat khusus untuk memajang hasil karya
Tidak ada cara yang lebih baik untuk mengekspresikan kebanggaan atas kemampuan menggambar Si Kecil, selain memajang hasil karyanya. Cara ini juga akan mendorongnya untuk menggambar lebih baik.

2. Bertepuk tangan
Pada usia balita, Si Kecil sudah bisa menepuk tangannya. Ajak ia menepuk tangan sesuai irama, misalnya sambil mengikuti ketukan lagu.

3. Menggoyangkan jari
Tunjukkan bagaimana meluruskan tangan ke samping dan gerakkan jari Anda. Minta Si Kecil untuk menirunya.

4. Bermain menunjuk benda
Sebutkan nama benda tertentu di dalam ruangan dan minta Si Kecil menunjuk benda tersebut. Ia akan melihat seluruh penjuru ruangan untuk mencari benda yang Anda maksud dan mengarahkan jari telunjuknya ke benda tersebut.

5. Gunakan benda di dalam rumah
Kendali tangan dan mata Si Kecil dapat dilatih sambil bermain dengan benda-benda yang ada di rumah. Sebisa mungkin, ajak balita bermain dengan teman sebayanya, supaya ia lebih semangat belajar.

6. Memilih pakaian
Si Kecil akan lebih semangat mengenakan dan melepaskan pakaiannya, jika bisa memilih sendiri pakaian yang ia kenakan.

7. Membersihkan meja makan
Anda bisa mengajak Si Kecil untuk mengangkat piring dan alat makannya ke dapur. Gunakan alat makan dari plastik atau bahan lain yang tidak mudah pecah. (Deonisia/DC/Dok. M&B)