BABY

Ini Alasan Si Kecil Suka Sekali dengan Remote Televisi



Anda mungkin sering 'gemas' ketika Si Kecil tak berhenti menekan tombol telepon atau remote televisi. Apa sebenarnya yang membuat tombol-tombol ini begitu menarik perhatian mereka?

Alice Honig, PhD, profesor perkembangan anak dari Syracuse University di New York, mengatakan, saat Si Kecil menekan tombol dan melihat perubahan, seperti timbul suara dan gambar yang berganti, ia mulai mengerti konsep sebab akibat. Ini merupakan proses belajar yang sangat baik untuknya. Tawarkan Si Kecil kesempatan untuk menekan tombol melalui kegiatan-kegiatan berikut ini:

  • Biarkan Si Kecil menjadi 'petugas penekan tombol'. Saat Anda ingin menyalakan AC, televisi, atau lampu, izinkan ia yang menekan tombolnya. Anda juga bisa memberinya kesempatan untuk memencet tombol lift ketika sedang jalan-jalan di mal.

  • Berikan mainan yang memiliki tombol. Si Kecil akan senang sekali menekan tombol telepon atau laptop mainan. Ia akan antusias ketika mendengar bunyi yang dihasilkan dari mainan yang penuh tombol tersebut.

  • Katakan bahwa Anda juga memiliki tombol. Arahkan jari kecilnya mendekati hidung Anda dan buat suara lucu ketika ia menyentuhnya. Kemudian, arahkan jarinya untuk menyentuh mulut Anda agar menguap, menyentuh tangan Anda untuk membuatnya melambai, atau menyentuh perut untuk membuat Anda tertawa. Kegiatan ini pasti membuatnya kegirangan! (OCH/Lydia Natasha/DC/Dok. M&B)