TODDLER

5 Cara Seru Mengajarkan Balita Menyikat Gigi



Laporan terbaru dari Aquafresh mengungkapkan bahwa 80 persen anak-anak menjadi tantrum dan marah ketika tiba waktunya menggosok gigi. Artinya, 1 dari 10 orangtua akan membiarkan anaknya langsung tidur tanpa menggosok gigi mereka terlebih dahulu.

Lebih dari 25 persen orangtua yang disurvei mengatakan mereka tidak percaya Si Kecil telah menggosok gigi dengan benar. Dan sekitar setengahnya (42 persen) mengakui bahwa mereka harus memaksa Si Kecil terlebih dahulu untuk mau menggosok gigi.

Bermasalah dengan membiasakan Si Kecil menyikat gigi sebelum tidur? Tidak perlu bingung, Moms! Beberapa cara praktis ini bisa membuat acara menggosok gigi menjadi lebih menyenangkan:

  • Buatlah waktu menyikat gigi menjadi acara rutin di pagi dan malam hari sebelum tidur.
  • Kalau Anda bosan menyuruh Si Kecil membuka mulut untuk sikat gigi, maka biarkan Si Kecil yang menyikat gigi Anda! Akan lebih seru kalau Anda dan Si Kecil saling menyikati gigi satu sama lain. Kami tahu, mungkin awalnya akan terasa tidak nyaman. Tetapi percayalah, cara ini layak dicoba!
  • Berikan sikat dan pasta gigi yang didesain khusus untuk anak-anak. Desain dan warna sikat gigi yang seru juga bisa menambah semangatnya menyikat gigi.
  • Demonstrasikan cara menyikat gigi yang benar saat Si Kecil sedang menyikat giginya.
  • Nyanyikan lagu bertema 'sikat gigi' (Moms bisa mengarangnya sendiri) agar momen menggosok gigi jadi lebih seru, menyenangkan, dan dinanti. (Yatin/TW/Dok. M&B UK)