BUMP TO BIRTH

Bisa Melahirkan di Rumah, Asal....



Zaman dahulu, melahirkan di rumah adalah hal yang lazim dilakukan. Lambat laun, kebiasaan tersebut makin jarang ditemui. Namun saat ini, mulai banyak wanita hamil yang ingin bersalin di rumah.

Selama kondisi Ibu dan janin dalam keadaan baik, melahirkan di rumah bisa dipilih. Apalagi, seperti disebutkan Pregnancy Birth & Baby, melahirkan di rumah memberi keuntungan bagi Anda. Keuntungan ini antara lain: persalinan menjadi lebih rileks karena Ibu berada di tempat yang dikenal, Moms tidak perlu meninggalkan anak yang lebih besar, dan tidak akan terpisah dari pasangan setelah melahirkan. Hanya saja, pastikan Ibu mendapat dukungan dari dokter kandungan atau bidan terlatih yang akan menemani proses persalinan.

Meski demikian, bila ada risiko atau komplikasi yang terjadi selama masa kehamilan, persalinan di rumah bukan menjadi pilihan yang aman bagi wanita hamil dan janinnya. Bila janin yang dikandung kembar atau Ibu memiliki riwayat melahirkan secara Caesar sebelumnya, dokter atau bidan akan merekomendasikan untuk melahirkan di rumah sakit, karena dinilai lebih aman bagi Ibu dan Si Kecil.

Itu sebabnya, sebelum memilih untuk melahirkan di rumah, Ibu harus melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter atau bidan. Tanyakan pula kemungkinan yang terjadi bila Ibu harus dipindahkan ke rumah sakit selama persalinan dan waktu yang dibutuhkan untuk proses pemindahan tersebut. (Dee/OCH/Dok. Freedigitalphotos)