BABY

5 Cara Stimulasi Kognitif Sambil Mandi



Pada awal kehidupannya, proses tumbuh kembang anak berlangsung sangat pesat. Beragam aktivitas dan permainan pun diberikan pada Si Kecil untuk memberinya stimulasi. Selain lewat bermain, ternyata stimulasi juga dapat diberikan sambil memandikannya lho, Moms. Berikut 5 aktivitas saat mandi yang memberinya stimulasi kognitif.

Bermain air

Biasanya Si Kecil akan memukul–mukul tangannya ke air dan membuat air menyembur ke segala arah. Hal itu membuatnya belajar bahwa tangan yang memukul air akan menimbulkan reaksi.

Bernyanyi

Dengan bernyanyi, Si Kecil akan mendapatkan lebih banyak kosa kata saat usianya 2 tahun. Ketika mencapai usia 3 tahun, jumlah kosa kata yang ia ketahui akan berefek pada kemampuan akademiknya nanti.

Bermain Gelembung Sabun

Bermain gelembung sabun saat mandi membantu anak mengembangkan kemampuan koordinasi antara tangan dan matanya.

Mainan Khusus di Kamar Mandi

Menggunakan mainan seperti bebek karet bukan hanya membuat Si Kecil tenang saat mandi. Mainan – mainan tersebut mengajarkan anak tentang keberadaan objek yang terlihat samar seperti air.

Wewangian

Penelitian menujukkan bahwa mandi dengan produk yang mengandung wewangian bermanfaat bagi anak, termasuk membuatnya lebih tenang. Sebanyak 30 persen anak juga terbukti lebih berpartisipasi dalam aktivitas seru saat mandi. (Nadia/TW/Dok. M&B UK)