BUMP TO BIRTH

Waspadai 5 Penyebab Ketuban Pecah Dini



Moms, waspada ya bila mengalami pecah ketuban dini. Biasanya ketuban akan pecah ketika terjadi kontraksi ketika akan melahirkan bayi. Namun, ada kalanya ketuban akan pecah tanpa terduga dan kapan saja sebelum usia kandungan menginjak usia kehamilan 37 minggu. Nah, peristiwa ini disebut ketuban pecah dini.

Jika tidak ditangani dengan baik maka akan mengakibatkan komplikasi serius. Untuk mencegah terjadinya ketuban pecah lebih awal sebelum waktunya, Moms perlu tahu apa yang menyebabkan hal ini. Menurut dr. Nurhasanah Puji Lestari, Sp.OG dari RSIA Brawijaya, ada beberapa faktor penyebabnya yaitu:

1. Infeksi rahim, lahir rahim dan vagina. Biasanya ibu mengalami keputihan tak normal dan keputihan yang disebabkan bakteri dan virus yang memengaruhi rahim. Jika Anda mengalami keputihan tidak normal dan banyak lebih baik konsultasikan dengan dokter ya, Moms, agar tidak berisiko mengalami ketuban pecah dini.


2. Infeksi saluran kemih yang ditandai dengan air kencing berwarna lebih keruh dan kemerahan karena darah.


3. Ketuban pecah lebih dini juga bisa disebabkan ibu terlalu lelah terutama di trimester 3.


4. Cairan di dalam ketuban terlalu banyak dan membuat ketuban pecah.


5. Berhubungan seks menjelang persalinan. Hal ini sebenarnya bagus dilakukan untuk merangsang terbukanya jalan lahir. Namun, tidak jarang malah mengakibatkan ketuban pecah lebih awal. (Meiskhe/HH/dok.M&B UK)