BUMP TO BIRTH

Pasca-Persalinan, Libido Ayah Turun

sex


Pasca-persalinan, umumnya para wanita mengalami penurunan gairah seksual untuk berhubungan intim dengan pasangan. Ternyata lelaki juga mengalami hal yang serupa seperti yang dialami para perempuan. Hal tersebut diungkapkan dalam sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Sexual Medicine. Studi tersebut mengungkapkan baik wanita maupun ayah yang baru ternyata merasakan naik-turun gairah seksual di 6 bulan pertama pasca-kelahiran seorang anak.


Banyak penelitian mengamati tentang kehidupan seksual para ibu baru pasca-persalinan. Namun hal tersebut tidak dilakukan oleh tim peneliti dari University of Michigan, asal Amerika Serikat yang cenderung mengamati tingkat gairah seksual para pria setelah kehadiran Si Kecil. Para peneliti kemudian meneliti sebanyak 114 pria yang pasangannya baru saja melahirkan selama 7 tahun.


Partisipan diminta menceritakan berbagai rincian terkait kehidupan seksual 3-6 bulan pasca-kelahiran. Dan, sebanyak 82 persen partisipan yang mengaku bisa menikmati hubungan seksual dengan pasangannya dalam waktu paling singkat 3 bulan setelah kelahiran. Kebanyakan alasan dari menurunnya gairah seksual para suami adalah stres, kelelahan, dan kurangnya waktu luang. Selain itu, para peneliti juga mengungkapkan bahwa tingginya ketertarikan atau gairah seksual para suami dapat memompa libido para ibu baru setelah pulih pasca-persalinan. (Gita/SR/Dok.M&B)