BUMP TO BIRTH

MB Fair 2013: Manfaat Pilates untuk Kehamilan

Pilates


Hamil, bukan berarti Anda boleh terus bermalas-malasan dan tidak berolahraga. Bila hal itu dilakukan, besar kemungkinan Anda akan mengalami kesulitan saat proses persalinan. Salah satu olahraga yang bisa Anda lakukan adalah pilates. Berikut beberapa manfaat pilates yang diungkapkan oleh Lisa Namuri, pakar dan instruktur pilates, dalam workshop Fun Pregnancy Exercise di M&B Fair 2013 hari ini (29/09).

1. Pilates dapat menguatkan otot panggul dan pernapasan yang erat kaitannya dengan proses persalinan, sertamampu menjaga keseimbangan tubuh saat kehamilan kian membesar.

2. Olahraga ini, juga dapat melancarkan asupan oksigen dan nutrisi kepada janin, sehingga calon bayi dapat berkembang dengan baik.

4. Tetap berolahraga setelah melahirkan, juga akan meningkatkan stamina Anda saat mengasuh Si Kecil. “Dengan olahraga rutin, otot tubuh Anda juga akan terhindar dari kekakuan meski harus terus menggendong atau menyusui Si Kecil,” tutur Lisa.

5. Gerakan pilates amat berguna bagi Anda yang sering kesulitan menahan pipis dan mencegah tumpukan lemak dalam perut pasca-melahirkan. “Gerakan pilates juga baik bagi para pria, karena dapat menguatkan otot dasar panggul dan mencegah lemak berlebih di sekitar perut, serta pinggang,” tambah Lisa.

Lisa menyarankan agar para ibu selalu senyum saat sedang melakukan senam kehamilan atau olahraga lainnya. Ada baiknya sebelum berolahraga, Anda juga melakukan konsultasi dengan dokter. Selain itu, Lisa pun menekankan agar para ibu mengerti kalau pilates dan olahraga saat hamil lainnya, bukan untuk menurunkan berat badan, tetapi untuk kesehatan dan menjaga mood tetap baik. Lakukanlah olahraga ringan selama 20-45 menit setiap hari dan bila Anda mulai merasa pusing, segera hentikan aktivitas tersebut. (Gita/DC/Dok.M&B)