Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Cara Menstimulasi Kecerdasan Musikal Anak

Cara Menstimulasi Kecerdasan Musikal Anak

Moms, Anda suka mendengarkan musik? Kalau ya, Anda pasti setuju dengan pendapat yang mengatakan bahwa musik menjadi bagian penting dalam kehidupan kita. Musik bisa membuat hari kita jadi lebih berwarna dan kita jadi lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas.

Manfaat musik buat anak

Bukan cuma buat orang dewasa, musik pun menjadi sesuatu yang sangat familiar bagi anak-anak. Bahkan sejak dalam kandungan, Si Kecil sudah mampu mengingat bunyi-bunyian, misalnya dari detak jantung, suara Anda, lagu maupun musik yang didengarnya pada saat itu.

Musik juga punya peran penting untuk Si Kecil. Misalnya, musik mampu memberi kenyamanan untuknya. Saat Moms memutar musik lembut menjelang Si Kecil tidur, ia akan menjadi lebih nyaman dan tubuhnya pun lebih relaks.

Mendengarkan musik sambil turut bernyanyi ikut membantu meningkatkan ketajaman daya ingat Si Kecil. Musik dan lirik juga akan merangsang perkembangan otaknya.

Selain itu, dengan mendengarkan musik yang disukai, Si Kecil akan terhibur. Musik akan membuatnya lebih ceria saat beraktivitas dan membantunya menyerap, mengolah, serta menyimpan ilmu yang didapat dengan lebih cepat.

Tips mengasah kecerdasan musikal anak

Karena pengaruhnya yang penting untuk tumbuh kembang anak, Moms perlu mengasah kecerdasan musikal anak. Kecerdasan musikal merupakan kemampuan seseorang untuk mendengar, memahami, mengenali pola, dan mengingat sesuatu melalui musik yang didengarnya. Orang yang memiliki kecerdasan ini biasanya peka terhadap bunyi, irama, warna nada, ketukan, ritme, suara musik, dan suara nonverbal di sekitarnya.

Anak yang cerdas secara musikal memiliki ketertarikan besar terhadap alat musik atau bernyanyi. Secara alamiah, ia dapat dengan mudah menguasai alat musik atau menebak nada. Dan kecerdasan ini adalah yang muncul paling awal dari seorang anak.

Kecerdasan musikal memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan, seperti membantu anak mengingat informasi, membantu Si Kecil fokus, dan mengembangkan emosi positif. Selain itu, kecerdasan musikal juga sangat penting untuk dikembangkan, karena dapat mengasah kepekaan emosi Si Kecil, sekaligus merangsang kecerdasan-kecerdasan lainnya.

Banyak cara sederhana yang bisa Moms lakukan bersama Si Kecil. Ini beberapa di antaranya:

1. Moms bisa memulai dengan bersenandung dan bernyanyi lagu anak-anak saat beraktivitas bersama Si Kecil. Selain kemampuan musikal, kecerdasan bahasanya pun bisa berkembang.

2. Ajak Si Kecil menebak berbagai bunyi-bunyian untuk merangsang kreativitas berpikirnya. Bunyi bisa didapat dari alam, seperti suara burung berkicau atau alat musik yang Anda miliki.

3. Menyanyi sambil menari bisa dilakukan untuk mengembangkan kecerdasan musikal dan gerak tubuh Si Kecil. Ajak Si Kecil menari bersama mengikuti irama musik yang ada. Aktivitas menari akan membantu menstimulasi otak serta melatih fokus dan konsentrasi.

4. Ajak Si Kecil menciptakan musik dari benda-benda yang ada di sekitarnya, bisa dari kaleng makanan kosong, botol bekas yang diisi beras, atau mainan khusus dengan bentuk seperti piano atau drum kecil.

5. Bila perlu, berikan anak alat musik mainan, seperti piano atau drum, untuk mengeksplorasi kemampuan bermusiknya lebih jauh.

6. Dorong anak untuk bermain musik bersama teman-temannya. Ia akan lebih bersemangat sekaligus melatih kecerdasan interpersonalnya. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik)


Read Next

More Fromtoddler