Type Keyword(s) to Search
BABY

Seperti Apa Bentuk Tubuh Bayi yang Baru Lahir?

Seperti Apa Bentuk Tubuh Bayi yang Baru Lahir?

Selama di dalam rahim, bayi berada dalam kantung berisi air ketuban. Tidak heran, ketika baru dilahirkan, tubuh Si Kecil berkerut, pucat, basah, licin, dan mungkin tersaput darah. Lalu, bagaimana ciri khas anggota tubuhnya yang lain? Buku Baby and Child: All Your Question Answered memberikan petunjuknya untuk Anda.

 

1. Kepala

Kepala bayi akan terlihat besar untuk ukuran tubuhnya. Jika dibandingkan dengan proporsi orang dewasa, perbandingan kepala bayi dengan tubuhnya sekitar 4 kali lebih besar. Ini terjadi karena kepala Si Kecil terdorong, jadi bentuknya lonjong.

Dahinya terlihat pendek dan bentuk kepalanya pun tidak simetris akibat proses melalui jalan lahir yang sempit. Tenang saja, bentuk kepalanya akan menjadi bulat dan simetris setelah beberapa jam, Moms!

 

2. Payudara dan Alat Kelamin

Reaksi terhadap hormon ibu selama kehamilan dapat berpengaruh untuk sementara, baik pada bayi laki-laki maupun perempuan. Bagian payudara buah hati Anda akan terlihat membengkak. Tetapi pembengkakan ini akan hilang dalam beberapa hari, setelah hormon Anda menghilang dari sistem peredaran darahnya.

Selain itu, alat kelamin Si Kecil juga akan terlihat membesar. Pada bayi perempuan, Anda mungkin akan menemukan cairan putih bening atau beberapa tetes darah di vagina akibat hormon Anda. Tenang saja, cairan ini akan berhenti dalam beberapa hari.

 

3. Kulit

Kulit newborn akan tertutup verniks, cairan kental berwarna putih yang melindungi kulit dalam lingkungan rahim yang berair. Verniks akan melindungi kulit bayi selama beberapa hari pertama.

Karena itu, sebaiknya Anda tidak langsung memandikan bayi dan membiarkan verniks diserap kulitnya. Anda juga akan melihat kulitnya kering atau mengelupas. Hal ini akan berangsur hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari ke depan.

 

4. Rambut

Bentuk dan jumlah rambut pada newborn berbeda-beda tergantung pada banyak hal. Ada bayi yang lahir dengan rambut tebal, ada juga yang hampir botak ketika lahir. Warna rambutnya juga berbeda-beda, ada yang cokelat, kemerahan, ataupun hitam.

Jangan khawatir, hal ini tidak akan berlangsung permanen, kok. Warna rambut Si Kecil dapat berubah, karena rambut saat lahir itu akan rontok di minggu-minggu awal. Rambut barunya akan tumbuh dan warnanya bisa saja berbeda dengan saat ia lahir.

 

5. Kaki dan Tangan

Berbeda dengan kepala dan perutnya yang terlihat besar, tangan dan kaki bayi yang baru lahir akan terlihat kecil dan lemah. Bentuk kaki buah hati Anda terlihat agak bengkok dan telapak kakinya menghadap ke dalam.

Hal ini terjadi karena posisi tubuh Si Kecil meringkuk saat di dalam rahim. Jika ia lahir cukup umur, Anda akan melihat kuku di ujung-ujung jarinya.

 

6. Mata

Kelopak mata bayi akan terlihat sembap karena tekanan saat proses kelahirannya. Dalam 1 atau 2 hari, mata sembap ini akan mengempis. Kemudian, Anda akan melihat bintik-bintik darah di bagian putih mata. Ini adalah pembuluh darah kecil yang pecah dan akan hilang dengan sendirinya.

Jangan kaget saat melihat Si Kecil menangis tanpa air mata, karena kelenjar air matanya baru mulai berproduksi beberapa minggu setelah kelahirannya.

 

7. Titik-titik lunak pada tubuh newborn

Jika Anda pegang, tengkorak newborn tidak keras. Tengkoraknya terdiri dari beberapa lempengan tulang lunak yang digabungkan jaringan berserat. Ada 6 titik lunak (fontanel) yang merupakan ruang kosong antara tulang di kepala. Ada 2 titik lunak utama yang akan Anda temukan di tengkoraknya.

Titik yang terbesar adalah sebuah ruang berbentuk wajik dengan garis tengah sekitar 4 cm di ubun-ubun. Nah, di belakang titik tersebut terdapat titik lunak berbentuk segitiga yang berukuran lebih kecil. Kedua titik ini akan tertutup saat Si Kecil berusia antara 9-18 bulan, Moms!

 

8. Mulut

Lidah Si Kecil akan menempel sepanjang tepian dasar mulut. Jangan khawatir, ini tidak akan memengaruhi aktivitas mengisapnya. Lama kelamaan, lidahnya akan terlepas dengan sendirinya.

Kemudian, Anda akan melihat bintik-bintik kecil dengan warna merah muda di bagian dalam mulut, sepanjang gusi, dan bagian tengah lidah. Itu adalah kista kecil yang akan menghilang dengan sendirinya. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)