Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Makanan Sehat untuk Sperma

Makanan Sehat untuk Sperma

Jika Anda sedang berusaha memiliki momongan, tingkatkan kualitas sperma Anda dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat berkut ini yang mengandung zat gizi untuk meningkatkan kesuburan Anda.

 

- Daging, telur, dan tahu yang mengandung protein. Ini bermanfaat untuk membantu proses pembentukan sperma. Kekurangan protein bisa mengganggu proses pembentukan sperma.

 

- Ikan laut, misalnya kembung, tuna, salmon, dan tenggiri yang juga mengandung protein, berperan dalam pembentukan sperma baru dan membuat gerakan sperma lebih aktif.

 

- Tauge dan kacang-kacangan yang mengandung vitamin E, untuk meningkatkan kemampuan sperma membuahi sel telur dan berperan dalam pembentukan hormon testosteron.

 

- Jeruk, stroberi, apel, pepaya, kiwi, tomat dan buah-buahan lainnya yang mengandung vitamin C. Zai ini berfungsi untuk memperkuat sperma dan melindungi sel-sel oragan tubuh dari radikal bebas yang bisa memengaruhi kesehatan sistem reproduksi.

 

- Susu serta makanan lain yang mengandung keju dan mentega yang memiliki kandungan vitamin D, berperan dalam proses metabolisme di kelenjar kelamin dan kelenjar prostat. Bagi calon ayah, vitamin D dapat meningkatkan gerakan sperma serta meningkatkan produksi sperma.

 

- Kacang hijau, kuning telur, brokoli, seafood, bawang putih, ikan tuna, dan susu yang mengandung selenium. Zat ini berperan penting dalam produksi sperma yang sehat dan membantu sperma menembus lapisan luar sel telur. Setengah dari kadar selenium dalam tubuh pria ditemukan dalam cairan sperma.

 

- Kerang, daging, telur, dan biji-bijian yang mengandung zinc, diperlukan untuk proses pembentukan sperma yang sehat.

 

- Bayam, kiwi, mangga, tomat , biji bunga matahari, dan almond yang mengandung antioksidan mampu melawan dan mencegah radikal bebas yang merusak DNA pada sperma. (Susanto Wibowo/Dok. Freepik)