Type Keyword(s) to Search

8 Makanan Sehat yang Bisa Meningkatkan Kualitas Sperma Pria

8 Makanan Sehat yang Bisa Meningkatkan Kualitas Sperma Pria

Bukan hanya kondisi rahim yang berpengaruh pada kesuburan, kualitas sperma juga ikut menentukan keberhasilan sebuah pasangan dalam memiliki keturunan. Guna meningkatkan peluang terjadinya kehamilan, sperma harus berada dalam kondisi sehat dan berkualitas.

Ya, kesehatan reproduksi seorang pria salah satunya ditentukan oleh kondisi spermanya, karena kondisi sperma yang sehat menjadi faktor penting terjadinya kehamilan.

Sperma yang berkualitas memiliki ciri-ciri antara lain memiliki kepala berbentuk oval dan ekor yang panjang sehingga bisa bergerak dengan optimal, jumlahnya banyak, gerakannya cepat, berwarna putih, sedikit kuning, atau sedikit abu-abu, dan memiliki pH sekitar 7,2-7,8 alias basa.

Ada banyak cara untuk meningkatkan kualitas sperma seorang pria, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Menjaga pola makan serta memilih makanan bernutrisi merupakan hal penting agar Dads memiliki sperma dengan kualitas yang baik.

Nah, jika Anda dan pasangan sedang berusaha untuk memiliki momongan, tingkatkan kualitas sperma Anda dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat berikut ini yang mengandung zat gizi untuk meningkatkan kesuburan Anda, Dads.

1. Daging, telur, dan tahu yang mengandung protein. Makanan ini bermanfaat untuk membantu proses pembentukan sperma. Kekurangan protein bisa mengganggu proses pembentukan sperma.

2. Ikan laut, misalnya kembung, tuna, salmon, dan tenggiri yang juga mengandung protein, berperan dalam pembentukan sperma baru dan membuat gerakan sperma jadi lebih aktif.

3. Tauge dan kacang-kacangan yang mengandung vitamin E. Vitamin ini bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan sperma membuahi sel telur dan berperan dalam pembentukan hormon testosteron.

4. Jeruk, strawberry, apel, pepaya, kiwi, tomat dan buah-buahan lainnya yang mengandung vitamin C. Zat ini berfungsi untuk memperkuat sperma dan melindungi sel-sel organ tubuh dari radikal bebas yang bisa memengaruhi kesehatan sistem reproduksi.

5. Susu serta makanan lain yang mengandung keju dan mentega yang memiliki kandungan vitamin D, berperan dalam proses metabolisme di kelenjar kelamin dan kelenjar prostat. Bagi calon ayah, vitamin D juga dapat membantu meningkatkan gerakan sperma serta meningkatkan produksi sperma.

6. Kacang hijau, kuning telur, brokoli, seafood, bawang putih, ikan tuna, dan susu yang mengandung selenium. Zat ini berperan penting dalam produksi sperma yang sehat dan membantu sperma menembus lapisan luar sel telur. Setengah dari kadar selenium dalam tubuh pria ditemukan dalam cairan sperma.

7. Kerang, daging, telur, dan biji-bijian yang mengandung zinc diperlukan untuk proses pembentukan sperma yang sehat.

8. Bayam, kiwi, mangga, tomat , biji bunga matahari, dan almond yang mengandung antioksidan mampu melawan dan mencegah radikal bebas yang merusak DNA pada sperma.

Selain asupan nutrisi yang dikonsumsi setiap hari, Anda juga bisa meningkatkan kualitas sperma dengan mengonsumsi suplemen tertentu. Misalnya, Anda bisa mengonsumsi vitamin C atau vitamin D yang dapat menambah kadar hormon testosteron. Meskipun begitu, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen ya, Dads. (M&B/SW/Foto: Freepik)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle