Type Keyword(s) to Search
BABY

Lakukan Ini Agar Tulang Bayi Sehat dan Kuat

Lakukan Ini Agar Tulang Bayi Sehat dan Kuat

Berdasarkan literatur, jumlah tulang bayi mencapai lebih dari 300 tulang dan terdiri dari tulang rawan. Saat dewasa, tulang tersebut menjadi hanya sekitar 206 buah saja. Bukan berkurang jumlahnya, tapi sebagian tulang akan bergabung menjadi 1. Sebagai contoh, tulang pada bagian kepala yang awalnya terpisah-pisah akan menyatu dan menyambung. Perkembangan rangka tulang paling pesat terjadi pada usia bayi.

 

Fungsi tulang pada bayi sangatlah vital, yaitu sebagai kerangka tubuh dan memungkinkan ia untuk bergerak, duduk, berdiri, dan melakukan aktivitas lainnya. Tulang juga berfungsi melindungi organ-organ tubuh, seperti organ vital (paru-paru dan jantung). Tulang juga menjadi kerangka bagi otot-otot tubuh, termasuk melindungi sistem saraf.

 

Agar Si Kecil memiliki tulang yang sehat dan kuat, Anda bisa 'membentuknya' sejak dini. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan menurut Yamini Durani, M.D., asisten profesor pediatrik dari Thomas Jefferson University, Philadelphia, AS.

 

1. Mengonsumsi Kalsium Sejak Kehamilan

Tulang Si Kecil dibentuk sejak dalam kandungan. Untuk membangun sistem kerangka tubuh Si Kecil yang kuat butuh banyak kalsium, dan ini dimulai sejak masa kehamilan. Jika ibu hamil tidak mengonsumsi cukup kalsium, tubuhnya akan mengambil cadangan kalsium dari tubuh untuk diberikan kepada bayi.

Karenanya, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan kalsium sejak masa kehamilan. Ketika hamil dan menyusui, Anda membutuhkan vitamin D sebanyak 600 IU (international units) setiap hari.

2. Memberikan ASI Eksklusif

Untuk bayi usia 0-6 bulan, yang dibutuhkan adalah ASI eksklusif, karena kandungan air susu ibu sangat komplet, termasuk zat-zat dan mineral yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang.

3. Memberikan Makanan Bergizi Seimbang

Berikan makanan pendamping (MPASI) untuk Si Kecil dengan memerhatikan kandungan gizi yang dibutuhkan, termasuk vitamin dan mineral untuk pertumbuhan sel-sel tulangnya.

Vitamin dan mineral ini di antaranya adalah vitamin D yang membantu penyerapan kalsium serta membentuk dan mempertahankan tulang agar kuat, fosfor yang dibutuhkan untuk pengerasan tulang, magnesium yang membantu dalam pembentukan kerangka tulang, dan kalsium yang juga berfungsi dalam pembentukan tulang dan mempertahankan kepadatan tulang.

4. Aktif Bergerak

Tulang yang sehat juga didukung dengan olahraga dan aktif bergerak. Karenanya, mulailah sedini mungkin dengan membiasakan Si Kecil bergerak aktif dan tidak membatasi minatnya untuk bergerak dan berekslorasi. (M&B/SW/Dok. Freepik)