Type Keyword(s) to Search
BABY

3 Refleks Utama yang Terjadi saat Bayi Pertama Menyusu

3 Refleks Utama yang Terjadi saat Bayi Pertama Menyusu

Moms, masih ingat momen pertama menyusui Si Kecil? Apakah ia terlihat memulai proses inisiasi menyusu pertamanya? Ya, umumnya bayi tidak kesulitan dalam mencari dan mengisap puting! Hal ini disebabkan bayi terlahir dengan berbagai refleks untuk membantunya bertahan hidup, termasuk menyusu.

 

Dari berbagai refleks ini, terdapat 3 hal yang yang ternyata dapat melancarkan proses menyusui Si Kecil. Mulai dari rooting reflexsucking reflex, dan swallowing reflex. Agar Moms tahu lebih lanjut, simak selengkapnya berikut ini:

 

1. Refleks Mencari dan Menangkap Puting (Rooting Reflex)

Refleks ini terjadi ketika Moms menyentuh pipi Si Kecil, baik dengan jari tangan maupun payudara. Setelah disentuh, ia akan langsung menoleh ke arah datangnya sentuhan, membuka mulut, dan berusaha menangkap puting.

Ini menandakan refleks untuk mencari sumber makanannya (puting) sedang bekerja. Refleks ini akan menghilang seiring dengan pertumbuhan, umumnya setelah 3-4 bulan.

 

2. Refleks Mengisap (Sucking Reflex)

Setelah menangkap puting susu, selanjutnya bayi akan melakukan gerakan mengisap. Inilah yang disebut refleks mengisap, yaitu gerakan otomatis mengisap benda yang ditempatkan di mulutnya. Refleks ini merupakan rute bayi menuju pengenalan makanan.

Agar refleks ini bekerja maksimal, pastikan areola (lingkaran berwarna lebih gelap di sekitar puting) telah masuk ke dalam mulut dan puting sudah menyentuh bagian langit-langit mulut.

 

3. Refleks Menelan (Swallowing Reflex)

ASI yang keluar setelah diisap, selanjutnya akan ditelan oleh Si Kecil. Refleks menelan dimulai dengan gerakan dorongan ASI ke bagian belakang mulut oleh lidah untuk disalurkan menuju kerongkongan kemudian pencernaan.

Dengan refleks ini, bayi kelak akan mampu menelan makanan padat, khususnya ketika masuk usia MPASI. Ini akan mempermudahnya mengonsumsi nutrisi untuk membantunya tumbuh lebih optimal, sekaligus sebagai stimulasi oromotor Si Kecil. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)