Type Keyword(s) to Search
TODDLER

7 Makanan Ini Bisa Buat Rambut Anak Lebat dan Sehat

7 Makanan Ini Bisa Buat Rambut Anak Lebat dan Sehat

Rambut Si Kecil terlihat tidak lebat dan sehat, Moms? Ada cara untuk mengatasinya, yaitu dengan memberikan makanan kaya nutrisi dan baik untuk pertumbuhan rambut anak.

Memang, faktor genetik berperan dalam membuat helai rambut tebal. Namun, menurut Lawrence Samuels, MD., Kepala Divisi Dermatologi, St. Luke's Hospital, St. Louis, AS, nutrisi yang baik sangat bermanfaat dalam merawat dan menjaga jumlah dan ukuran folikel rambut di kulit kepala.

Baca juga: Rekomendasi Hair Lotion untuk Rambut Bayi Sehat dan Lebat

Karena itu, Anda bisa memberikan 7 makanan berikut untuk membuat rambut anak tumbuh lebat dan sehat.

1. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kacang merah, kacang hijau, beras merah, kedelai, kacang tanah, lentil, dan oat, kaya vitamin B, zinc, dan protein. Vitamin B memiliki fungsi utama sebagai pengantar nutrisi dan oksigen ke kulit kepala melalui sel darah merah sehingga folikel rambut ternutrisi dan rambut tetap sehat. Jadikan kacang-kacangan dan biji-bijian ini sebagai bahan utama atau campuran dalam menu makanan atau snack Si Kecil ya, Moms.

2. Telur

Rambut terdiri dari 70% protein keratin sehingga sangat membutuhkan asupan protein untuk membangun kembali kerusakan pada batang rambut. Satu butir telur ayam biasa memiliki kandungan 6,5 gram protein yang sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut.

3. Susu

Susu adalah makanan super untuk rambut. Selain kaya protein, susu mengandung vitamin A, B, fosfor, kalsium, magnesium, dan zinc, yang bermanfaat untuk menguatkan dan menyuburkan rambut. Mengonsumsi susu secara rutin bisa membuat rambut anak tetap lentur dan mengilap.

4. Bayam

Bayam merupakan sayuran yang memiliki zat besi paling tinggi dibandingkan sayuran hijau lain. 100 gram bayam rebus mengandung 3,57 mg zat besi. Zat besi berperan penting dalam pertumbuhan rambut, yaitu membantu metabolisme protein dan mendorong produksi enzim serta sel darah merah, sehingga akar rambut ternutrisi baik. Menurut European Journal of Dermatology, kekurangan zat besi bisa menyebabkan kerontokan rambut.

5. Daging

Menurut lembaga penelitian dan pengembangan Meat & Livestock Australia, Ltd., daging sapi merupakan sumber protein dengan kandungan vitamin B12, zinc dan zat besi tertinggi dibandingkan daging unggas dan ikan.

Dalam 100 gram daging sapi terdapat 22,7 g protein, 4,2 mg zinc, 2 mg zat besi, dan 1,1 mg vitamin B12. Vitamin B12 sangat bermanfaat dalam pembentukan sel darah merah yang berfungsi untuk mengangkut nutrisi dan oksigen ke kulit kepala serta akar rambut.

6. Buah-buahan

Satu buah alpukat memiliki kandungan 2-6 mikrogram biotin, sedangkan satu cangkir raspberry mengandung 0,2-2 mikrogram biotin. Biotin adalah salah satu komponen vitamin B kompleks yang bermanfaat untuk menyehatkan kulit kepala dan membuat rambut kuat.

Selain vitamin B, alpukat kaya vitamin E yang mampu mencegah pengaruh buruk sinar matahari terhadap rambut. Mengonsumsi buah kaya vitamin C seperti, jeruk, kiwi, dan straberry, juga bisa mendorong produksi kolagen yang menjaga pertumbuhan rambut.

7. Ikan salmon dan makerel

Ikan salmon dan makerel kaya asam lemak omega-3 yang mendorong pembukaan folikel rambut sehingga rambut tumbuh sehat. (M&B/SW/Foto: Freepik)