Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

6 Hal yang Harus Dihindari ketika Mengejan saat Melahirkan

6 Hal yang Harus Dihindari ketika Mengejan saat Melahirkan

Kebanyakan wanita hamil menginginkan persalinan yang normal. Selain lebih hemat dari sisi biaya, melahirkan secara alami juga memiliki masa pemulihan yang lebih singkat dibandingkan persalinan caesar. Selama dokter menyatakan kondisi Anda dan janin memang sehat, sebaiknya Anda tak perlu ragu atau takut untuk melahirkan normal ya, Moms.

Salah satu bagian penting dalam proses melahirkan normal adalah mengejan. Sayangnya, banyak ibu melahirkan yang melakukan kesalahan dalam prosedur mengejan. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda mengejan, karena jika melakukan kesalahan, hal itu bisa berdampak kurang baik untuk Anda sendiri.

Baca juga: 10 Tanda Moms Akan Melahirkan dalam Waktu Dekat

Nah, berikut ini 6 hal yang sebaiknya Anda hindari ketika mengejan saat melahirkan untuk mengurangi risiko yang bisa dialami saat Anda menjalani proses persalinan normal, Moms.

1. Berteriak super keras

Berisik atau berteriak ketika persalinan normal sebetulnya sah-sah saja, kok. Namun, jangan berteriak sampai "7 oktaf" alias melengking dan super kencang ya, Moms. Pasalnya, berteriak tanpa dikontrol dan tanpa disadari bisa membuat Anda kelelahan dan kehilangan kendali selama proses mengejan. Teriakan keras juga bisa menyebabkan pita suara Anda menjadi sakit dan malah membuat Anda tidak nyaman. Cobalah untuk mengeluarkan suara dengan lebih pelan, sehingga Anda pun bisa mengatur napas dengan benar.

2. Menutup mata rapat-rapat

Banyak wanita hamil sengaja memejamkan mata karena ingin fokus dalam mengejan. Padahal seharusnya Anda membuka mata, lho. Tujuannya agar mata tidak mendapatkan tekanan yang bisa membuat pembuluh darah di selaput mata menjadi pecah. Jadi, jangan lupa untuk tetap membuka mata dan arahkan pandangan ke arah bagian perut Anda ya, Moms.

Baca juga: Benarkah Ibu dengan Mata Minus Tak Boleh Melahirkan Normal?

3. Mengejan tanpa aba-aba

Biasanya dokter atau bidan akan menyuruh Anda untuk mengejan jika sudah pembukaan 10. Tujuannya untuk menghindari pembengkakan atau edema pada mulut rahim. Oleh karena itu, jangan buru-buru mengejan sebelum dokter kandungan atau bidan meminta Anda untuk melakukannya.

4. Menahan mengejan karena takut BAB

Secara alami, mengejan memang memungkinkan Anda untuk buang air besar (BAB). Atas dasar kekhawatiran itu, ada ibu hamil yang akhirnya menahan mengejan karena takut BAB. Untuk itu, 24 jam sebelum proses melahirkan, tak ada salahnya Anda mengosongkan usus, baik secara alami ataupun mengonsumsi obat pencahar yang aman.

5. Mengangkat panggul atau bokong

Anda tentu tak mau robekan perineum menjadi lebih lebar sehingga memerlukan jahitan lebih banyak di area jalan lahir, kan? Karena itu, tak perlu mengangkat pantat atau bokong saat mengejan ya, Moms. Lebih baik Anda rileks dan lemaskan bagian panggul ketika melakukan persalinan normal.

6. Bernapas asal-asalan

Mempelajari teknik pernapasan yang benar di kelas senam hamil memiliki manfaat besar untuk proses mengejan. Jangan bernapas asal-asalan, Moms! Tarik napas yang benar guna mengurangi rasa nyeri serta memberikan sumber energi untuk Anda.

Kini, Anda sudah mengetahui hal yang seharusnya dilakukan dan dihindari ketika mengejan. Selamat menyiapkan diri ya, Moms! (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Wavebreakmedia_micro/Freepik)