Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

7 Manfaat Madu untuk Ibu Hamil

7 Manfaat Madu untuk Ibu Hamil

Saat hamil, Moms tentu ingin memberikan segala nutrisi terbaik untuk janin yang sedang tumbuh berkembang di dalam perut Anda. Untuk itu, Anda pasti akan mengonsumsi semua makanan kaya nutrisi yang baik untuk Anda dan janin. Nah, salah satu makanan yang dikenal baik untuk tubuh adalah madu.

Ya, si manis yang satu ini tidak hanya enak, tapi juga punya banyak manfaat. Namun, di lain sisi, bumil banyak yang ragu untuk mengonsumsi madu, karena madu tergolong makanan mentah yang bisa mengandung bakteri.

Bolehkah madu dikonsumsi ibu hamil?

Keli Hawthorne, seorang ahli nutrisi dan pakar diet, mengatakan pada BabyCenter bahwa madu aman dikonsumsi saat hamil. Madu memang bisa mengandung bakteri, tapi ini tidak membahayakan kandungan. Namun, bagaimana dengan madu untuk bayi? Nah, para pakar memang melarang pemberian madu untuk anak di bawah 12 bulan, karena bisa terkena penyakit infant botulism yang dapat menyebabkan kematian!

Kebanyakan madu yang dijual di pasaran sudah melalui proses pasteurisasi, dengan metode yang sama dengan proses pasteurisasi untuk susu. Artinya, madu dipanaskan di suhu lebih dari 70 derajat Celsius selama 15-30 detik, dan segera didinginkan. Ini proses yang tepat untuk membasmi bakteri yang merugikan.

Manfaat madu untuk ibu hamil

Seperti yang Moms ketahui, madu sangat kaya nutrisi! Madu mengandung kalori, zat besi, magnesium, zinc, sodium, vitamin C, vitamin B6, dan banyak nutrisi penting lainnya yang dapat membantu memelihara kesehatan tubuh. Setidaknya ada 4 manfaat madu untuk bumil, yaitu:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Madu adalah antibakterial dan antioksidan. Ini tentu saja baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Madu juga baik untuk mengobati luka, memar, dan atau luka bakar ringan.

2. Meredakan heartburn

Bumil sering merasakan nyeri di ulu hati? Itu adalah heartburn, salah satu keluhan yang sangat sering terjadi pada bumil, khususnya yang sudah memasuki trimester akhir. Nah, madu bisa membantu meredakan heartburn, karena madu menetralisir asam lambung.

3. Mengurangi insomnia

Sudah bukan rahasia lagi, bumil sering susah tidur, terutama jika kondisi perut sudah makin besar. Semua posisi tidur rasanya tidak ada yang nyaman, betul? Hal ini sering membuat bumil insomnia. Maka, konsumsi madu memberikan aksi hipnotis yang membantu Moms tidur lebih nyenyak. Konsumsi saja 1 sendok madu bersama susu hangat sebelum tidur, dijamin nyenyak deh, Moms!

4. Menyembuhkan batuk

Madu mengandung zat antivirus yang mampu melawan virus di tubuh dan efektif mencegah flu dan batuk juga. Perlu Moms ketahui, madu adalah pencegah dan pereda batuk yang bisa diandalkan.

5. Mengobati sakit tenggorokan

Tak hanya batuk, madu juga efektif mengobati sakit tenggorokan lho, Moms. Madu mengandung zat antiinflamasi yang baik untuk melawan sakit, iritasi, atau gatal di tenggorokan. Agar lebih enak, buat teh hangat jahe yang dicampurkan madu. Wah, ini sih pasti enak banget rasanya!

6. Mencegah sariawan

Penelitian telah membuktikan bahwa rutin mengonsumsi madu bisa mengurangi pertumbuhan bakteri Helicobacter pylori, yang sering menjadi penyebab sariawan.

7. Membasmi ketombe

Kehamilan membuat Moms bermasalah dengan kesehatan rambut dan kulit kepala? Madu solusinya! Kandungan antibakteri pada madu tak hanya meredakan sakit tenggorokan, tapi juga efektif membasmi ketombe dan kulit kepala gatal. Caranya, aduk madu dan air hangat, balurkan ke kulit kepala sambil diusap dan dipijat lembut, bilas bersih. Lakukan setiap hari, satu kali sehari. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)