Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Ini Cara Menggunakan Test Pack dan Membaca Hasilnya

Ini Cara Menggunakan Test Pack dan Membaca Hasilnya

Saat seorang wanita merasa dirinya hamil, biasanya ia akan melakukan tes kehamilan untuk mengetahui dengan pasti, apakah dirinya hamil atau tidak. Tujuannya adalah agar jika positif hamil, ia bisa mempersiapkan dan merawat kehamilannya dengan sebaik-baiknya.

Nah, salah satu cara termudah yang bisa dilakukan secara dini untuk tes kehamilan adalah dengan tes sendiri menggunakan test pack. Meskipun begitu, jika ini kehamilan pertama Anda, tentu saja Anda juga masih belum paham dengan benar bagaimana menggunakan test pack dan membaca hasilnya.

Untuk itu, M&B akan berbagi tips mengenai cara menggunakan test pack dan membaca hasilnya berikut ini, Moms.


Cara Menggunakan Test Pack

Test pack menggunakan urine Anda sebagai sampel. Alat ini bekerja dengan cara mendeteksi hormon hCG di dalam urine. Hormon yang dikenal sebagai hormon kehamilan ini terbentuk saat sel telur yang sudah dibuahi menempel di dinding rahim, atau kira-kira 6 hari setelah sperma dan sel telur bersatu membentuk zigot. Jumlah hormon ini akan meningkat seiring kehamilan dan mencapai puncaknya pada 60-90 hari kehamilan.

Alat ini akan mendeteksi konsentrasi hCG dalam satuan miliInternational Units (mlU). Semakin kecil nilainya, maka alatnya akan semakin sensitif. Misalnya, alat tes yang kepekaannya 20 mlU/ml akan lebih sensitif mendeteksi hCG daripada yang kepekaannya 50 mlU/ml. Biasanya disarankan urine pertama di pagi karena kandungan hCG paling tinggi sehingga lebih mudah dideteksi alat tes.

Kebanyakan test pack di pasaran mengklaim memiliki tingkat akurasi 99 persen, bahkan jika Anda melakukan tes sehari setelah terlambat haid. Kendati demikian, setiap wanita memiliki masa ovulasi yang berbeda-beda. Karena itu, sebaiknya tunggu hingga seminggu setelah Anda terlambat haid untuk melakukan tes kehamilan. Pada saat tersebut, kadar hCG juga akan lebih banyak sehingga akan lebih mudah dideteksi.

Untuk prosedur penggunaan, Anda hanya perlu mencelupkan test pack ke dalam wadah berisi urine hingga di bawah tanda batas. Angkat strip setelah 10 detik lalu taruh di permukaan yang bersih dan kering, sembari menunggu garis berwarna muncul.

Pastikan juga Anda mengikuti petunjuk penggunaan test pack dengan benar, termasuk ketika membaca hasil test pack tersebut. Bila dalam kemasan dituliskan Anda harus menunggu selama 10 menit sebelum melihat hasilnya, turutilah.


Cara Membaca Hasil Test Pack

Untuk membaca hasil test pack, perhatikan berikut ini, Moms.

• Hasil positif. Anda akan melihat dua buah garis berwarna merah. Warna yang muncul bisa terang bisa juga samar, bergantung dari konsentrasi hormon hCG, meskipun begitu, hal tersebut menginformasikan adanya hormon hCG yang menjadi tanda bahwa Anda hamil.

Jika hasil test pack positif, untuk memastikan kehamilan Anda, segeralah ke dokter guna memeriksakan diri. Dokter mungkin akan meminta Anda melakukan tes darah dan melakukan pemeriksaan dalam atau pemeriksaan dengan menggunakan alat ultrasonografi (USG). Bila memang Anda positif hamil, dokter akan membantu Anda menjalani kehamilan yang sehat sejak dini.

• Hasil negatif. Hanya terlihat satu garis berwarna merah. Garis tersebut terletak dekat dengan bagian yang kita pegang saat mencelupkan test pack ke dalam urine. Hasil test pack negatif menandakan tidak ada hormon hCG yang terdeteksi sehingga tidak hamil.

Jika hasil test pack negatif tapi Anda masih kurang yakin, Bisa jadi ada kemungkinan salah karena Anda tidak melakukannya dengan benar atau melakukannya terlalu dini. Bila Anda belum juga haid, lakukan tes ulang. Akan tetapi, bila Anda merasa tubuh menunjukkan gejala kehamilan sedangkan hasil tes tetap negatif, sebaiknya Anda menemui dokter. (M&B/SW/Dok. Freepik)