Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Bumil, Perhatikan 5 Hal Ini saat Silaturahmi Lebaran

Bumil, Perhatikan 5 Hal Ini saat Silaturahmi Lebaran

Merayakan Lebaran tak lengkap rasanya sebelum berkunjung dan bersilaturahmi dengan keluarga, saudara, dan kerabat. Ya, Hari Raya Idul Fitri memang merupakan momen untuk bersilaturahmi. buat Moms yang tengah hamil, Anda pun tetap bisa melakukannya lho, berkumpul dan bersilaturahmi bersama keluarga.

Namun, tetap perhatikan kondisi kesehatan Anda ya, Moms. Apabila Anda merasa kelelahan, sebaiknya luangkan waktu guna istirahat sejenak.

Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin bersilaturahmi saat Anda sedang dalam kondisi hamil. Berikut ini sejumlah tips yang sebaiknya Anda lakukan saat bersilaturahmi ke rumah saudara dan kerabat, Moms.

1. Memilih pakaian yang nyaman

Sebaiknya Moms memilih pakaian yang nyaman saat silaturahmi ke rumah keluarga ataupun kerabat. Bila memang ingin mengenakan kaftan, carilah bahan yang nyaman dan menyerap keringat, mengingat ibu hamil sering mengeluarkan keringat terutama di usia kehamilan di atas 25 minggu. Model kaftan dengan bahan katun yang mudah menyerap keringat akan sangat membantu.

Jangan lupa untuk membawa pakaian cadangan, simpan baik di tas maupun di bagasi kendaraan, agar Anda bisa berganti pakaian bila merasa tidak nyaman dengan pakaian yang dikenakan.

2. Membawa camilan sendiri

Saat berkunjung ke rumah saudara atau kerabat, Anda tentunya akan disuguhi berbagai hidangan khas lebaran. Meskipun begitu, Anda tetap harus memerhatikan asupan makanan untuk diri sendiri dan janin ya Moms.

Meskipun sudah tersedia aneka ragam penganan di rumah kerabat, tak ada salahnya jika Anda juga menyiapkan cadangan camilan bila sewaktu-waktu ingin makan sesuatu yang berbeda. Anda bisa membawa roti, kacang, buah-buahan, dan makan selingan lain yang lebih menyehatkan pastinya.

3. Memakai alas kaki yang nyaman

Sepatu atau sandal yang akan digunakan saat bersilaturahmi juga penting untuk diperhatikan lho, Moms. Untuk urusan alas kaki ini, Moms bisa pakai sepatu atau sandal yang memiliki alas yang rata. Jangan khawatir Moms, Anda masih bisa tetap tampil cantik tanpa high heels, kok.

Memakai sepatu atau sandal dengan alas rata sangat berguna untuk menjaga kenyamanan sekaligus menghindari cedera yang tidak diinginkan pada bumil. Moms, misalnya, bisa memilih flat shoes yang serasi dengan warna pakaian yang Anda kenakan, sehingga tetap cantik saat berlebaran.

4. Membawa obat-obatan

Untuk menghindari hal tidak diinginkan, jangan lupa juga persiapkan obat-obatan yang aman untuk dikonsumsi ibu hamil, misalnya obat demam atau pusing. Bila kaki terlihat sudah bengkak, segera cari tempat duduk dan sandarkan kaki pada kursi kecil agar kaki terasa nyaman.

5. Sedia air putih

Pastikan juga Anda membawa botol minum sendiri yang diisi air putih. Ini akan membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik, terutama saat harus menempuh perjalanan jauh atau mengalami macet di tengah jalan. (M&B/SW/Foto: Freepik)