Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Bumil, Perhatikan 5 Hal Ini saat Silaturahmi Lebaran

Bumil, Perhatikan 5 Hal Ini saat Silaturahmi Lebaran

Merayakan lebaran tak lengkap rasanya sebelum berkunjung dan bersilaturahmi dengan keluarga, saudara, dan kerabat. Ya, Hari Idul Fitri memang merupakan momen untuk bersilaturahmi. Apalagi setelah 2 tahun kita tidak bisa berkumpul dengan keluarga, saudara, kerabat, maupun tetangga, karena pandemi COVID-19, kini saatnya Anda bisa bersilaturahmi dengan mereka.

Buat para Moms yang tengah hamil, Anda pun tetap bisa melakukannya lho, berkumpul dan bersilaturahmi bersama keluarga. Akan tetapi, tetap perhatikan kondisi kesehatan Anda ya, Moms. Apabila Anda merasa kelelahan, sebaiknya luangkan waktu guna istirahat sejenak. Yang terpenting juga, selalu terapkan protokol kesehatan agar Anda terhindar dari ancaman infeksi penyakit yang berbahaya.

Karena itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin bersilaturahmi saat Anda sedang dalam kondisi hamil. Berikut ini sejumlah tips yang sebaiknya Anda lakukan saat bersilaturahmi ke rumah saudara dan kerabat, Moms.

1. Memilih pakaian yang nyaman

Sebaiknya Moms memilih pakaian yang nyaman saat silaturahmi ke rumah keluarga ataupun kerabat. Bila memang ingin mengenakan kaftan, carilah bahan yang nyaman dan menyerap keringat, mengingat ibu hamil sering mengeluarkan keringat terutama pada usia kehamilan di atas 25 minggu. Model kaftan dengan bahan katun yang mudah menyerap keringat akan sangat membantu.

Jangan lupa juga untuk membawa pakaian cadangan, simpan baik di tas maupun di dalam kendaraan, agar Anda bisa berganti pakaian bila merasa tidak nyaman dengan pakaian yang dikenakan.

2. Membawa camilan sendiri

Saat berkunjung ke rumah saudara atau kerabat, Anda tentunya akan disuguhi berbagai hidangan khas lebaran. Meskipun begitu, Anda tetap harus memperhatikan asupan makanan untuk diri Anda sendiri dan janin Anda ya, Moms.

Meskipun sudah tersedia aneka ragam penganan di rumah kerabat, tak ada salahnya jika Anda juga menyiapkan cadangan camilan bila sewaktu-waktu ingin makan sesuatu yang berbeda. Anda bisa membawa roti, kacang, buah-buahan, dan makan selingan lain yang lebih menyehatkan pastinya.

3. Memakai alas kaki yang nyaman

Sepatu atau sandal yang akan digunakan saat bersilaturahmi juga penting untuk diperhatikan lho, Moms. Untuk urusan alas kaki ini, Moms bisa pakai sepatu atau sandal yang memiliki alas yang rata. Jangan khawatir Moms, Anda masih bisa tetap tampil cantik tanpa high heels, kok.

Memakai sepatu atau sandal dengan alas rata sangat berguna untuk menjaga kenyamanan sekaligus menghindari cedera yang tidak diinginkan pada ibu hamil. Moms, misalnya, bisa memilih flat shoes yang serasi dengan warna pakaian yang Anda kenakan, sehingga tetap cantik saat berlebaran.

4. Menerapkan protokol kesehatan dan membawa obat-obatan

Jumlah penderita COVID-19 saat ini memang tengah melandai, tetapi tetap harus diingat bahwa pandemi belum usai. Saat bersilaturahmi, selalu terapkan prokes untuk menghindari infeksi penyakit. Pastikan Anda mengenakan masker setiap saat, menjaga jarak, dan selalu ingat untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau memakai hand sanitizer.

Sementara itu, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, jangan lupa juga persiapkan obat-obatan yang aman untuk Anda konsumsi, misalnya obat demam atau pusing. Bila Anda merasa capek atau kaki terlihat sudah bengkak, segera cari tempat duduk dan sandarkan kaki pada kursi kecil agar kaki terasa nyaman.

5. Sedia air putih

Pastikan juga Anda membawa botol minum sendiri yang diisi air putih. Ini akan membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik, terutama saat harus menempuh perjalanan jauh atau mengalami kemacetan di tengah jalan.

Nah, selamat berlebaran, berkumpul, dan bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat, Moms. Ingat, terapkan selalu prokes sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19 dan penyakit berbahaya lainnya. (M&B/SW/Foto: Freepik)


Read Next

More Frombump to birth