Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Trik Lancar Mengajak Anak Bersilaturahmi Lebaran

Trik Lancar Mengajak Anak Bersilaturahmi Lebaran

Lebaran telah tiba! Setelah 2 tahun kita tidak bisa berkumpul dengan keluarga, saudara, kerabat, maupun tetangga, karena pandemi COVID-19, kini saatnya Anda bisa bersilaturahmi dengan mereka. Anda pun bisa mengajak Si Kecil ikut serta. Akan tetapi, Moms mungkin pernah melihat balita yang justru merengek saat orang tua dan keluarganya sedang berkumpul? Nah, Anda tentu tidak ingin Si Kecil bersikap seperti itu, kan?

Jadi, mesti bagaimana jika Si Kecil juga bersikap sama? Tenang saja, Moms. Coba untuk memberi pengertian dan mengajari Si Kecil mengenai makna Idul Fitri beserta tradisi silaturahmi yang biasa dilakukan untuk merayakannya. Selain itu, beberapa kiat berikut ini juga bisa Anda lakukan untuk menghindari kerewelan Si Kecil.

Agar anak tak rewel saat silaturahmi

Tak perlu ragu membawa anak bersilaturahmi di Hari Idul Fitri ke rumah keluarga, saudara, dan kerabat. Selama Anda tahu strateginya, semua bisa berjalan dengan lancar, kok! Ini yang perlu Anda perhatikan:

1. Pastikan Si Kecil fit. Sebelum berangkat untuk bersilaturahmi, sebaiknya Moms memastikan kondisi anak dalam keadaan sehat dan fit. Dengan tubuh sehat, Si Kecil pastinya tak akan mudah rewel. Pastikan juga ia dalam keadaan kenyang dan cukup tidur ya, Moms.

2. Tentukan durasi silaturahmi. Ada baiknya juga Anda memperhitungkan berapa lama waktu silaturahmi yang akan dilakukan. Kalau bisa, hindari mengajak Si Kecil bepergian dari pagi hingga malam. Ia pasti akan merasa kelelahan dan bisa membuatnya jadi rewel atau bahkan mengamuk karena kecapekan. Jika Si Kecil sudah menunjukkan tanda-tanda ia capek, itu bisa jadi sinyal buat Anda untuk pulang.

3. Pertimbangkan jarak tempuh. Jauhnya jarak rumah yang akan Anda sekeluarga kunjungi serta situasi lalu lintas yang macet juga akan turut berpengaruh pada mood Si Kecil. Untuk menyiasatinya, bawa mainan dan hiburan buat Si Kecil agar ia terhindar dari rasa bosan.

4. Buat prioritas yang dikunjungi. Jika Anda ingin mengunjungi beberapa rumah keluarga atau kerabat dalam 1 hari dan jarak antarrumah lumayan jauh. Anda mungkin perlu membuat prioritas yang hendak dikunjungi. Hal ini perlu dilakukan karena juga akan berpengaruh pada mood Si Kecil dan Anda harus memprioritaskan kenyamanan anak Anda. Tentukan pula batas waktu berkunjung di tiap rumah. Yang tidak bisa dikunjungi pada hari itu, bisa Anda kunjungi di keesokan harinya atau hari lain jika ada waktu luang, atau jika tidak, Anda dan keluarga bisa melakukan video call dengan mereka sembari menyampaikan salam dan maaf karena belum bisa ke sana..

5. Jangan langsung panik saat anak rewel. Saat Anda sedang bersilaturahmi dan asyik berbincang dengan keluarga atau kerabat, Si Kecil yang tadinya baik-baik saja mendadak rewel. Rileks, Moms. Kalau Si Kecil rewel, tidak perlu buru-buru mengajaknya pulang. Ini bisa dihindari dengan memastikan kondisi kenyamanan anak. Cari tahu penyebab ia rewel atau merasa tidak nyaman dan segera atasi.

Etika silaturahmi untuk Si Kecil

Selain itu, ada beberapa hal yang dapat Anda ajarkan pada anak agar ia nyaman saat berlebaran, yakni:

1. Mempelajari makna silaturahmi. Idul Fitri merupakan momen untuk bersilaturahmi dan saling memaafkan. Walaupun Si Kecil mungkin belum terlalu mengerti maknanya, Anda tetap harus mengajarkan konsep tersebut kepadanya. Jadi, ia tidak bingung ketika Anda mengajaknya mengunjungi sanak saudara untuk bersilaturahmi.

2. Bersalaman dan mencium tangan. Walaupun sederhana, bersalaman dan mencium tangan orang yang lebih tua dapat menunjukkan rasa hormat serta penghargaan terhadapnya. Kakek, nenek, om, tante, semuanya pasti senang dan bangga melihat Si Kecil mau bersalaman serta mencium tangan orang yang lebih tua.

Meskipun begitu, pandemi yang belum berakhir ini mungkin bikin Anda khawatir jika balita harus bersalaman dan mencium tangan. Anda bisa meminta Si Kecil tetap menggunakan masker saat salaman. Anda bisa mencontohkannya terlebih dahulu dan menjelaskan kepada orang-orang bahwa hal tersebut perlu dilakukan agar semua terhindar dari bahaya infeksi penyakit. Setelah itu, Anda bisa ajak Si Kecil mencuci tangan dengan air dan sabun atau memakai hand sanitizer.

3. Mengucapkan terima kasih. Saat lebaran, Si Kecil biasanya akan mendapatkan “salam tempel” berisi uang dari sanak saudaranya yang sudah bekerja atau berkeluarga. Ajari ia untuk berterima kasih kepada orang yang memberinya. (M&B/SW/Foto: Freepik)


Read Next

More Fromtoddler