Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Cara Ampuh Mengecilkan Perut Usai Lebaran

Cara Ampuh Mengecilkan Perut Usai Lebaran

Lebaran identik dengan makan-makan di setiap kesempatan. Ya, saat lebaran, memang ada banyak aneka jenis makanan yang disajikan, mulai dari makanan manis, berlemak, hingga makanan yang berminyak. Karena banyak makanan, biasanya mulut tak pernah berhenti mengunyah, mulai dari makanan berat sampai kue kering yang ada di atas meja.

Nah, ketika lebaran pula, pola makan kita biasanya akan sulit untuk dikontrol. Otomatis setelah lebaran, berat badan Anda akan naik bahkan perut menjadi lebar. Kenaikan berat badan memang hal yang sulit dihindari setelah lebaran dan buat sebagian orang pekerjaan rumah terbesar usai lebaran adalah mengembalikan bentuk tubuh, terutama bagian perut, ke bentuk semula.

Buat Anda yang berat badannya telanjur naik drastis setelah lebaran, tidak usah panik dulu. Simak tips dari Mother&Baby Indonesia berikut ini.


1. Kurangi Asupan Gula dan Garam

Untuk mengikis lemak perut, Anda harus mengurangi asupan gula dan garam. Karenanya, hindari konsumsi makanan yang mengandung kedua bahan tersebut, misalnya olahan roti, junk food, camilan kemasan (keripik), dan es krim.


2. Menerapkan Diet Buah dan Sayuran

Anda dianjurkan untuk menerapkan diet sayuran atau buah yang kaya akan serat. Makanan yang kerap absen saat lebaran adalah buah dan sayur. Kurangnya serat dapat membuat pencernaan menjadi terganggu sehingga tubuh mudah melar.

Agar tubuh bisa kembali seperti semula, Anda perlu mengonsumsi buah dan sayur. Buah-buahan serta sayuran memang kombinasi yang pas untuk memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh sehingga sistem metabolisme pun menjadi lancar.


3. Aktif Berlatih

Dengan banyaknya aktivitas, banyak kalori tubuh yang terbakar. Semakin banyak kalori yang dibakar, kelebihan berat badan bisa teratasi. Untuk membakar lemak dibutuhkan aktivitas fisik yang memadai. Lakukan latihan setiap hari minimal 1 jam dan Anda bisa fokus pada daerah perut.


4. Tingkatkan Asupan Protein

Tubuh menggunakan lemak untuk memecah protein. Oleh karena itu, semakin banyak asupan protein harian Anda, semakin banyak lemak yang terbakar. Sumber protein yang baik di antaranya terdapat pada ikan, kacang kedelai, tahu, tempe, brokoli, dan bayam.


5. Perbanyak Minum Air Putih

Mencukupi kebutuhan air putih yang diperlukan tubuh sangat penting, salah satunya untuk membantu proses metabolisme. Air putih sangat bermanfaat dalam proses metabolisme sehingga membantu tubuh menjadi lebih langsing. Selain membantu tubuh menjadi lebih ideal, air putih juga sangat baik untuk membuang toksin dalam tubuh sehingga Anda dapat kembali segar dan sehat (M&B/SW/Dok. Freepik)