Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Cara Ampuh Mengecilkan Perut Usai Lebaran

Cara Ampuh Mengecilkan Perut Usai Lebaran

Lebaran identik dengan makan-makan di setiap kesempatan. Ya, saat Lebaran, memang ada banyak aneka jenis makanan yang disajikan, mulai dari makanan manis, berlemak, hingga makanan yang berminyak. Karena banyak makanan, biasanya mulut kita jadinya tak akan pernah berhenti untuk mengunyah, mulai dari makanan berat sampai kue kering yang ada di atas meja.

Nah, ketika Lebaran pula, pola makan kita biasanya juga akan jadi sulit untuk dikontrol. Otomatis setelah Lebaran, berat badan akan naik bahkan perut menjadi lebar. Kenaikan berat badan memang hal yang sulit untuk dihindari setelah Lebaran, dan buat sebagian orang pekerjaan rumah terbesar usai Lebaran adalah mengembalikan bentuk tubuh, terutama bagian perut, ke bentuk semula.

Nah, buat Anda yang berat badannya telanjur naik drastis setelah Lebaran, tidak usah panik dulu. Simak tips dari M&B berikut ini, Moms.

1. Kurangi asupan gula dan garam

Untuk mengikis lemak perut, Anda harus mengurangi asupan gula dan garam. Karenanya, hindari konsumsi makanan yang mengandung kedua bahan tersebut, misalnya olahan roti, junk food, camilan kemasan (keripik), dan es krim.

2. Menerapkan diet sayuran dan buah

Anda dianjurkan untuk menerapkan diet sayuran atau buah yang kaya akan kandungan serat. Umumnya, makanan yang kerap absen saat Lebaran adalah sayur dan buah. Kurangnya serat bisa membuat pencernaan kita jadi terganggu sehingga tubuh pun akan melar dengan mudah.

Agar tubuh bisa kembali seperti bentuk semula, Anda perlu mengonsumsi buah dan sayur. Buah-buahan serta sayuran memang merupakan kombinasi yang pas untuk memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh sehingga sistem metabolisme pun akan jadi lancar kembali.

3. Aktif berlatih dan berolahraga

Semakin banyak aktivitas yang kita lakukan, semakin banyak pula kalori tubuh yang terbakar. Semakin banyak kalori yang dibakar, maka kelebihan berat badan bisa teratasi. Untuk membakar lemak dibutuhkan aktivitas fisik yang memadai. Lakukan latihan setiap hari minimal 1 jam dan Anda bisa fokus pada daerah perut.

4. Tingkatkan asupan protein

Tubuh menggunakan lemak untuk memecah protein. Oleh karena itu, semakin banyak asupan protein harian Anda, semakin banyak juga lemak yang terbakar. Sumber protein yang baik di antaranya terdapat pada ikan, kacang kedelai, tahu, tempe, brokoli, dan bayam.

5. Perbanyak minum air putih

Mencukupi kebutuhan air putih yang diperlukan tubuh sangatlah penting, salah satunya untuk membantu proses metabolisme. Air putih sangat bermanfaat dalam proses metabolisme sehingga membantu tubuh menjadi lebih langsing. Selain membantu tubuh menjadi lebih ideal, air putih juga sangat baik untuk membuang toksin dalam tubuh sehingga Anda dapat kembali segar dan sehat (M&B/SW/Foto: Freepik)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle