Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Manfaat Mengonsumsi Buah Mangga untuk Ibu Hamil

Manfaat Mengonsumsi Buah Mangga untuk Ibu Hamil

Hampir semua orang menyukai buah mangga. Anda sendiri mungkin termasuk salah satunya ya, Moms. Memang, mangga merupakan buah yang sering kita jumpai di Indonesia. Apalagi jika sedang musim, akan ada banyak sekali mangga dengan berbagai jenis variannya.

Nah, berbicara tentang mangga, buah yang satu ini juga kerap dikonsumsi ibu hamil. Misalnya, jika ada seorang wanita yang sedang hamil dan ia ngidam minta makanan yang masam-masam, besar kemungkinan ia akan dibelikan mangga muda.

Mangga memang baik untuk dikonsumsi semua orang, dari anak-anak hingga dewasa. Cara mengonsumsinya pun bisa kita variasikan, bisa langsung dimakan, dijadikan jus mangga, manisan, bahan rujak, campuran dalam puding, dan banyak lagi lainnya.

Baca juga: Buah yang Aman untuk Ibu Hamil Penderita Diabetes

Ternyata, mangga pun baik untuk dikonsumsi bumil lho, Moms. Mau tahu apa saja kebaikan dan manfaat mangga untuk bumil? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Manfaat mangga untuk ibu hamil

1. Mendukung perkembangan janin

Mangga mengandung asam folat. Zat ini bermanfaat untuk membantu perkembangan dan pembentukan otak serta sumsum tulang belakang janin. Mencukupi kebutuhan asam folat selama kehamilan juga membantu mencegah risiko bayi mengalami cacat tabung saraf (spina bifida) saat lahir. Selain itu, vitamin A yang terkandung dalam mangga berperan dalam perkembangan sistem mata, jantung, paru-paru, dan ginjal janin.

2. Mencegah anemia

Kandungan zat besi yang tinggi pada mangga bisa membantu mencegah anemia, karena zat besi diperlukan untuk menjaga ketersediaan darah dalam tubuh. Mangga juga kaya vitamin C. Vitamin ini membantu tubuh menyerap zat besi. Semangkuk buah mangga cukup untuk kebutuhan vitamin C harian Anda, Moms. Nah, kombinasi keduanya akan sangat membantu Anda terhindar dari bahaya anemia saat hamil maupun persalinan nantinya.

3. Menjaga pencernaan tetap sehat

Kandungan serat dan vitamin C yang tinggi pada mangga sangat berguna buat pencernaan dan bisa menolong mengatasi masalah sembelit yang biasa dialami bumil. Selain itu, serat juga lebih lama dicerna, sehingga bumil akan merasa kenyang lebih lama dan terhindar dari keinginan ngemil makanan yang kurang sehat.

4. Mengurangi gejala morning sickness

Sering mengalami masalah mual dan muntah saat hamil? Untuk mengatasinya, konsumsi saja mangga. Buah ini memiliki vitamin B6 yang bisa membantu Anda mengurangi gejala morning sickness.

5. Kaya antioksidan

Seperti telah disebutkan, mangga kaya vitamin C, zat yang menjadi antioksidan untuk membantu menangkal berbagai macam radikal bebas yang menghampiri tubuh Anda. Antioksidan akan menjaga kesehatan Moms dan janin selama hamil hingga melahirkan nantinya.

6. Menjaga cairan tubuh

Saat hamil, Anda butuh lebih banyak cairan daripada biasanya. Umumnya, salah satu gangguan saat hamil adalah dehidrasi. Nah, mangga bisa mengatasi masalah tersebut. Kandungan elektrolit dalam mangga berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan di tubuh, sehingga Moms akan terhindar dari risiko dehidrasi.

Yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi mangga

Meskipun mangga punya banyak manfaat untuk bumil, bukan berarti Anda harus mengonsumsi buah tersebut dalam jumlah yang banyak dan berlebihan. Ingat Moms, segala sesuatu yang berlebihan itu tentunya punya efek samping yang kurang baik. Termasuk dalam hal ini adalah mengonsumsi mangga.

Yang perlu Anda ketahui, mangga termasuk buah yang punya kandungan gula cukup tinggi. Karena itu, makan mangga secara berlebihan akan berisiko terhadap naiknya berat badan dan meningkatkan risiko diabetes gestasional.

Selain itu, Anda juga bisa saja mengalami perut mulas dan diare akibat mengonsumsi mangga berlebihan. Belum lagi, ada bumil yang sensitif dan mengalami reaksi alergi akibat getah di buah mangga.

Jadi, sebaiknya Moms makan mangga secukupnya saja, ya. (M&B/SW/Foto: Freepik)