Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Ibu Hamil Mudah Mengantuk? Ini Alasannya

Ibu Hamil Mudah Mengantuk? Ini Alasannya

Hoaaaam…. Masih siang,  tapi kok sudah mengantuk? Sah-sah saja jika Moms merasa lelah dan mengantuk setelah beraktivitas. Namun bagaimana jika Anda didera rasa kantuk seharian tanpa melakukan apa pun? 

Ya, kondisi semacam ini kerap dialami wanita yang tengah mengandung. Sebagian ibu hamil memang merasakan lelah berlebih meskipun mereka tidak melakukan aktivitas berat. Jangan khawatir Moms, karena hal tersebut wajar dirasakan ibu hamil.

Penyebab ibu hamil mudah mengantuk

Kelelahan selama kehamilan biasanya terjadi selama trimester pertama. Pada awal kehamilan, perubahan hormon berpotensi menjadi penyebab utama kelelahan. Tubuh Anda menghasilkan lebih banyak darah untuk membawa nutrisi ke janin yang sedang tumbuh di dalam kandungan.

Peningkatan kadar progesteron juga bertanggung jawab atas fenomena mengantuk yang Anda alami. Selain perubahan fisik yang terjadi di tubuh Anda, perubahan emosional bisa berkontribusi pada penurunan emosi.  

Rasa kantuk ini cenderung tidak terlalu dirasakan ketika kehamilan memasuki trimester kedua. Namun, biasanya perasaan lelah itu akan kembali mendera pada trimester ketiga. Bukan tak mungkin, Moms juga akan didera rasa kantuk sepanjang hari. Penyebab rasa mengantuk pada bumil bisa bermacam-macam, antara lain:

1. Perubahan hormon. Perubahan hormon bisa menyebabkan kenaikan suhu badan. Efeknya, Moms merasa ingin tidur terus karena suhu badan yang tinggi tersebut.

Baca juga: 5 Posisi Tidur untuk Ibu Hamil yang Aman dan Nyaman

2. Morning sick. Bagi sebagian bumil, morning sick atau perasaan mual berlebih bisa membuat Anda kehilangan nafsu makan. Tanpa asupan makanan dan gizi yang cukup, Moms tentu akan merasa tidak bertenaga serta mengantuk.

3. Kurang tidur. Saat hamil, tubuh Anda akan mengalami perubahan hormonal. Bukan tak mungkin, Anda akan lebih sering buang air, bahkan di malam hari. Alhasil, waktu tidur atau istirahat Anda akan terganggu dan menyebabkan Anda mengantuk di siang hari.

4. Mimpi. Menjelang akhir masa kehamilan, Moms biasanya lebih mudah bermimpi di malam hari. Hal tersebut bisa disebabkan Anda mulai deg-degan menanti kelahiran Si Kecil. Secara tidak langsung, mimpi bisa membuat tidur Anda tidak nyenyak dan tubuh jadi lelah.

Tips mengatasi rasa lelah

Memang tidak mudah mengenyahkan rasa kantuk tersebut. Namun ada tips yang bisa membuat Moms terbebas dari perasaan mengantuk.

1. Atur waktu istirahat dan beraktivitas

Buat bumil yang bekerja, Anda disarankan lebih teratur dalam membagi waktu beristirahat dan beraktivitas. Pergunakan waktu makan siang dengan baik. Jika tidak perlu melakukan hal-hal lain, setelah makan siang Anda bisa beristirahat. Untuk ibu rumah tangga, pastikan Anda tetap beraktivitas seperti biasa sehingga bisa terlelap saat tidur di malam hari.

2. Tingkatkan kualitas tidur

Untuk bisa memiliki kualitas tidur yang baik, Moms bisa merendam kaki dengan air hangat sebelum tidur, mendengarkan musik, atau minum segelas susu hangat. Anda tidak perlu minum terlalu banyak menjelang tidur, karena itu hanya akan membuat Anda sering terbangun untuk buang air kecil.

3. Mengonsumsi makanan bergizi seimbang

Dengan mengonsumsi makanan sehat dan kaya gizi, Moms akan punya lebih banyak energi untuk menjalani aktivitas. Pisang dan kacang-kacangan merupakan pilihan camilan yang baik untuk Anda.

4. Pastikan ventilasi udara berfungsi dengan baik

Saat oksigen dalam tubuh cukup, Moms tentunya akan merasa lebih bersemangat. Karena itu, pastikan ventilasi udara di ruangan atau tempat tinggal Anda bekerja dengan baik.

5. Tidur

Ya, jika rasa mengantuk sudah tak bisa ditahan lagi, Anda sebaiknya beristirahat. Meski hanya sebentar, tidur dengan kualitas baik akan bisa membuat tubuh Anda segar kembali. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik)