Type Keyword(s) to Search
BABY

6 Penyebab Anak Muntah Setelah Minum Susu Formula

6 Penyebab Anak Muntah Setelah Minum Susu Formula

Bayi muntah memang bukan pemandangan yang aneh lagi ya, Moms. Namun, pernahkah Si Kecil muntah setelah minum susu formula? Jika ya, tenang saja, Moms, karena Anda tidak sendiri. Kondisi ini juga dialami banyak anak lain, kok.

Walau muntah setelah minum sufor terbilang sering terjadi pad bayi, tak banyak Moms yang tahu apa penyebabnya. Apakah berbahaya buat Si Kecil? Apakah hal ini mengindikasikan masalah serius pada anak? Bagaimana cara mengatasinya? Tentunya masih banyak lagi pertanyaan yang melintas di benak Anda terkait bayi muntah setelah minum sufor. Untuk itu, ketahui penyebabnya berikut ini yuk, Moms!

Baca juga: Kondisi yang Sebabkan Bayi Harus Minum Susu Formula

1. Masalah pencernaan

Setelah bayi mengalami muntah, Moms tentu langsung mencurigai penyebab yang satu ini: gangguan masalah pencernaan. Kecurigaan Anda sepertinya benar, Moms. Kondisi ini juga wajar terjadi pada bayi usia 0-12 bulan, karena sistem pencernaan Si Kecil di usia tersebut belum sempurna, sehingga bisa menyebabkan muntah setelah minum sufor.

2. Alergi

Muntah merupakan salah satu reaksi alergi yang paling sering terjadi, terutama pada bayi. Nah, jika Si Kecil muntah setelah minum sufor, mungkin ia alergi dengan salah satu komponen di dalamnya.

3. Salah posisi

Pada anak, khususnya bayi, salah posisi saat minum susu bisa membuat Si Kecil muntah. Kok bisa, ya? Tentu saja bisa, karena posisi yang salah membuat susu tidak masuk ke saluran pencernaan, tapi justru masuk ke saluran napas. Mekanisme tubuh yang baik akan otomatis mengeluarkan susu dari saluran napas, salah satu caranya adalah dengan muntah.

4. Infeksi

Jika saluran pencernaan anak mengalami infeksi, umumnya akan timbul beberapa gejala, seperti diare, sakit perut, demam, dan tentu saja muntah ketika diberi makanan atau susu.

Baca juga: Perhatikan, Moms! Ini Tanda Bayi Tidak Cocok Minum Susu Formula

5. Anak aktif

Baru minum susu, anak sudah langsung aktif bergerak ke sana ke mari? Wajar saja jika ia muntah setelah minum sufor. Ini bukan karena ada penyakit atau alergi, tapi karena sufor yang belum tercerna dengan baik itu terpaksa harus dikeluarkan lagi dengan cara muntah. Anak rewel dan menangis juga bisa menyebabkan perut bereaksi untuk memuntah sufor yang baru diminum.

6. Kekenyangan

Jika beberapa masalah kesehatan di atas bukan penyebab Si Kecil muntah, mungkin penyebabnya sederhana saja, yaitu kekenyangan. Ya, jika lambung bayi sudah penuh dan tidak muat diisi makanan lagi, maka sangat mungkin Si Kecil muntah setelah minum sufor.

Baca juga: 5 Resep Bubur Susu untuk MPASI, Gampang Membuatnya, Moms

(M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)