Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Hati-Hati Mengonsumsi Obat Batuk saat Hamil ya, Moms!

Hati-Hati Mengonsumsi Obat Batuk saat Hamil ya, Moms!

Saat hamil, Moms perlu lebih cermat dalam menjaga kesehatan. Karena selama masa kehamilan, tubuh biasanya jadi lebih mudah dan rentan terserang penyakit, salah satunya batuk. Penyakit ini memang sangat mengganggu saat menyerang kita ya, Moms. Ingin sekali rasanya minum obat batuk agar penyakit tersebut bisa langsung enyah dari tubuh kita.

Walaupun begitu, ibu hamil mesti hati-hati dan tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat, lho. Pasalnya, apa pun yang dimakan dan diminum oleh bumil tentunya akan berdampak pada pertumbuhan janin di kandungan, apalagi jika obat batuk yang Anda minum tersebut adalah obat batuk sembarangan yang Anda bisa Anda beli dengan mudah tanpa resep dokter.


Hati-Hati Minum Obat Batuk saat Hamil!

Menurut Dr. dr. Ali Sungkar, Sp.OG-KFM, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, ada berbagai jenis batuk yang menyerang tubuh, misalnya batuk berdahak atau batuk kering. Jadi bumil mesti tahu lebih dahulu jenis batuk yang diderita dan tidak langsung membeli obat batuk sembarangan.

Selain itu, yang penting untuk dilakukan adalah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengatasi batuk yang dialami. Selama bumil mengonsumsi obat batuk yang dianjurkan oleh dokter dan sesuai dengan resep dokter, maka hal tersebut akan aman untuk kondisi kehamilan dan janin. Karena minum obat batuk sembarangan tanpa tahu kandungan di dalamnya justru bukannya mengobati batuk, tapi bisa berisiko pada janin, bahkan bisa menyebabkan cacat pada janin.


Jika Terkena Batuk saat Hamil

Yang penting juga untuk Anda perhatikan, seperti dilansir dari Healthline, selama trimester pertama kehamilan, sebaiknya bumil menghindari minum obat apa pun. Hal ini untuk mencegah dan meminimalkan risiko cacat janin atau hal lain yang tidak diinginkan, karena pada masa ini, obat yang diminum bumil rentan mengakibatkan efek samping pada perkembangan janin.

Tapi bagaimana jika Anda terserang batuk, Moms? Berikut ini sejumlah tips yang bisa membantu meringankan batuk Anda tanpa perlu menggunakan obat-obatan.

* Oleskan balsam atau minyak gosok pada dada Anda agar tubuh tetap hangat. Jika perlu, oleskan juga sedikit di bawah hidung Anda.

* Kumur dengan air hangat yang diberi garam untuk meringankan radang tenggorokan atau batuk.

* Mandi dengan air hangat. Uap dari air hangat dapat membantu melegakan sesak napas.

* Minum teh hangat dengan campuran lemon atau madu. Minuman ini dipercaya dapat membantu meringankan radang tenggorokan.

* Makan sup hangat juga bisa membantu melegakan hidung tersumbat dan mengurangi peradangan.

* Minum air putih yang banyak, khususnya air hangat, agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

* Banyak isitirahat.

* Pastikan udara di kamar Anda tidak terlalu panas atau dingin dan memiliki sirkulasi udara yang baik.


Lakukan Ini agar Bumil Tidak Terserang Batuk

Karena saat hamil tubuh Anda biasanya jadi lebih mudah dan rentan terserang penyakit, maka Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut ini untuk menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit, termasuk batuk.

* Beristirahat yang cukup.

* Makan berbagai makanan yang bergizi seimbang.

* Selalu berpikir positif dan mengelola stres dengan baik.

* Berolahraga secara rutin dan teratur.

* Cuci tangan dengan bersih sebelum makan dan setelah dari toilet.

* Jaga kebersihan rumah, karena batuk juga bisa disebabkan dari debu dan kotoran di rumah Anda.

* Hindari berdekatan dengan orang yang sedang batuk atau terkena penyakit lainnya, agar tidak tertular.

* Hindari menggunakan peralatan makan yang sama dengan penderita batuk atau pilek. (M&B/SW/Dok. Freepik)