Type Keyword(s) to Search

Rekomendasi Susu untuk Penuhi Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil Muda

Rekomendasi Susu untuk Penuhi Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil Muda

Kesehatan bagi ibu hamil dan janin memang sangat penting untuk diperhatikan dan dijaga. Selain pola makan yang teratur dengan mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang, minum susu saat hamil, khususnya di usia kandungan yang masih muda, bisa mendukung pertumbuhan janin yang lebih baik.

Konsumsi susu saat hamil ternyata juga membawa dampak jangka panjang bagi bayi. Tidak sekadar berperan bagi janin dalam rahim, tetapi juga membawa manfaat saat bayi sudah lahir dan tumbuh besar. 

Para ahli nutrisi dari Eslandia, Denmark, dan Amerika Serikat meneliti para bayi yang lahir dari 809 ibu di Denmark pada 1988-1989. Setelah 20 tahun, penelitian kembali dilakukan, dan hasilnya, anak-anak yang ibunya minum susu saat hamil sebanyak 150 mililiter atau lebih setiap harinya memiliki tubuh lebih tinggi, tulang lebih kuat, terhindar dari osteoporosis, dan berisiko lebih kecil mengidap diabetes melitus tipe 2, sebab tingkat insulin di dalam darah jauh lebih tinggi.

Nah, jika Moms merasa makanan dan minuman yang Anda konsumsi masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan energi dan kalsium buat Anda dan janin, minum susu hamil jadi salah satu hal yang disarankan. Untuk membantu Anda, ibu hamil muda, menentukan susu yang cocok, berikut beberapa rekomendasinya dari M&B, Moms.

1. Prenagen Mommy

Prenagen Mommy

Susu khusus ibu hamil ini memiliki kandungan yang dapat menunjang proses kehamilan Anda. DHA dan kolin menjadi dua unsur penting yang dapat membantu perkembangan otak janin. Selain itu, zat besi dan vitamin B12 membantu mengoptimalkan pembentukan sel darah merah Si Kecil. Asam folat di dalamnya juga berperan dalam mencegah risiko cacat pada tabung saraf otak janin.

Beli di Tokopedia

2. Anmum Materna

Anmum Materna Strawberry

Selain mengandung asam folat, DHA, kalsium, dan zat besi, Anmum Materna juga memiliki inulin, yang akan membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan Moms selama menjalani masa kehamilan. Varian rasa buahnya juga bisa menyegarkan Anda, sehingga mencegah mual dan muntah pada ibu hamil muda.

Beli di Blibli

3. Enfamama A+

Enfamama A+

Susu Enfamama A+ menjadi salah satu susu dengan kandungan lengkap akan nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan, mulai dari zat besi, protein, asam folat, kalsium, hingga vitamin C dan serat yang membantu tumbuh kembang janin dalam kandungan Anda. Susu ini juga masih bisa Moms minum saat masa menyusui untuk membantu produksi ASI lebih lancar.

Beli di Tokopedia

4. Lactamil Pregnasis

Lactamil Prenasis

Formula ADIK+ menjadi kandungan utama yang dimiliki Lactamil Pregnasis. Formula ini adalah Asam folat, Vitamin D, Iron atau zat besi, dan Kalsium yang membantu mengoptimalkan pertumbuhan tulang janin. Sumber protein di dalamnya juga mendukung pembentukan sel-sel baru dan hormon pada janin dalam kadar gula dan lemak yang rendah.

Beli di Shopee

5. Frisomum Gold

Susu ini mengandung nutrisi yang cukup lengkap, seperti protein, ALA/LA, nukleotida, prebiotik, kalsium, asam folat, dan zat besi. Susu asal Belanda ini pun bisa memenuhi kebutuhan nutrisi baik untuk Moms dan Si Kecil.

Beli di Tokopedia

Moms tentu hanya perlu memilih satu dari 5 rekomendasi ini, dengan pertimbangan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk itu, ketahuilah terlebih dahulu kebutuhan Anda dan janin sebelum memutuskan. Akan lebih baik jika Anda juga melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Selain aman dikonsumsi karena khusus diperuntukkan bagi ibu hamil, minum susu juga sebaiknya rutin dilakukan ya Moms, setidaknya 2 gelas sehari untuk menjaga kesehatan tubuh Anda dan janin. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle