Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Meredakan Ambeien pada Ibu Hamil, Begini Caranya

Meredakan Ambeien pada Ibu Hamil, Begini Caranya

Ambeien merupakan salah satu keluhan yang kerap dialami oleh ibu hamil. Walaupun tidak berbahaya, masalah ini tidak jarang bisa sangat mengganggu kenyamanan bumil. Ambeien atau dikenal juga dengan wasir, yang dalam bahasa medis disebut hemorrhoids merupakan pembengkakan pembuluh darah di area sekitar anus.

Ambeien muncul karena meningkatnya tekanan pembuluh darah di vena. Akibatnya, vena pun membengkak karena mengalami peradangan, sehingga menyebabkan terjadinya ambeien. Gangguan ini juga memaksa Anda untuk mengejan setiap kali buang air dan kadang bahkan bisa membuat pembuluh darah di sekitar anus pecah sehingga terjadi perdarahan.


Penyebab Ambeien pada Ibu Hamil

Ada sejumlah penyebab munculnya ambeien pada bumil, yaitu:

Perubahan hormon dalam tubuh. Selama masa kehamilan, hormon progesteron meningkat jumlahnya untuk memperkuat janin. Namun, pada saat yang sama, progesteron justru akan menghambat gerak peristaltik otot pencernaan, sehingga makanan dari saluran pencernaan hingga saluran pembuangan berjalan dengan lambat.

Pertumbuhan janin di rahim. Janin yang semakin hari semakin tumbuh dan membesar akan mendesak sejumlah pembuluh darah di sekitar perut dan panggul. Darah yang meningkat, baik volume maupun alirannya, jadi terhambat.

Sembelit. Masalah ini bisa terjadi karena asupan zat besi yang cukup tinggi selama hamil. Zat besi penting untuk bumil agar terhindar dari risiko anemia. Namun, kelebihan zat besi juga bisa menyebabkan kesulitan buang air besar hingga akhirnya terjadi ambeien.

Beban yang ditanggung bumil. Beban tubuh dan beban janin bisa menyebabkan lambung dan rahim saling berhimpitan, sehingga dorongan sedikit saja pada bagian anus akan menyebabkan pembuluh darah di sekitarnya pecah lantas menjadi ambeien. Tak jarang peredaran zat makanan pun terhambat hingga akhirnya bumil sulit buang air.

Gerakan fisik yang terbatas selama hamil, terutama pada bagian perut (abdominal) juga salah satu penyebab kerja usus jadi 'malas'.


Tips Mencegah dan Mengatasi Ambeien pada Ibu Hamil

Ada beberapa hal yang penting dilakukan bumil untuk mencegah dan mengatasi masalah ambeien yang ada, yakni:

1. Perbanyak konsumsi makanan berserat seperti sayuran dan buah-buahan.

2. Perbanyak minum air putih, setidaknya 2 liter sehari.

3. Hindari duduk atau berdiri terlalu lama.

4. Jangan berlama-lama di toilet. Bila Anda kesulitan buang air besar, lebih baik jangan mengejan terlalu keras.

5. Lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, berenang, atau senam kegel. Gerakannya bisa meningkatkan sirkulasi atau peredaran darah ke daerah anus dan membantu otot-otot di saluran pencernaan untuk bergerak mendorong sisa makanan ke saluran pembuangan.

6. Tidur yang cukup sehingga tubuh Anda punya kesempatan untuk beristirahat dan memulihkan diri.

7. Tidur menghadap samping, kiri atau kanan secara bergantian. Hal ini bisa mengurangi tekanan pada daerah punggung, pembuluh darah pada pinggang, dan daerah anus.

8. Konsumsi yoghurt untuk merangsang kerja usus agar lebih aktif. Untuk lebih pastinya, Moms bisa berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi yoghurt.

9. Jangan memaksakan diri untuk melakukan aktivitas yang terlampau berat.

10. Jika Anda merasakan ambeien sudah sangat mengganggu, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter, Moms. Biasanya dalam kondisi tertentu dokter akan memberikan obat. Hindari mengonsumsi sembarang obat selain yang diresepkan oleh dokter. (M&B/SW/Dok. Freepik)