Type Keyword(s) to Search
BABY

Mengenal Pertumbuhan Bayi Anda

Mengenal Pertumbuhan Bayi Anda

Satu bulan setelah dilahirkan, bayi Anda mulai mengenal rasa nyaman saat Anda memeluk dan menenangkannya. Menginjak usia 2 sampai 3 bulan, senyum manisnya mulai terlihat. Menghisap tangan pun mulai menjadi 'cara baru' Si Kecil untuk menenangkan diri. Selain itu, dia juga akan merespon suara. Coba goyangkan mainan kerincingan di dekatnya, ia akan menggerakkan bola mata dan kepalanya untuk mencari sumber suara tersebut.

 

Fleksibilitas sendinya juga mulai lebih baik di usia 3 bulan, sehingga gerakan kakinya bisa lebih kuat. Selera humornya juga mulai berkembang. Bahkan, kemampuan tertawa dianggap sebagai tonggak perkembangan bagi kebanyakan bayi di usia ini. Manfaatkan masa ini dengan mengajak Si Kecil berbicara, bermain mainan musik, atau membacakan cerita.

 

Memasuki usia 4-5 bulan, Si Kecil mulai suka diajak bermain. Dia juga akan merasa bosan dengan aktivitas yang tidak berubah. Bayi Anda juga mulai bisa memiringkan tubuhnya untuk berguling, dan gemar mengoceh, apalagi saat Anda mengajaknya berbicara.

 

Memasuki usia 6 bulan, Si Kecil dapat membedakan wajah-wajah mana yang dikenal atau asing baginya. Si Kecil juga menyukai permainan 'Cilukba', dan suka bercermin. Ketika Anda memanggilnya, dia akan menoleh. Rasa ingin tahunya pun mulai besar, ia akan mencoba meraih semua benda yang merebut perhatiannya.

 

Meski awalnya lebih sering buang air kecil, pada usia ini frekuensi buang air kecilnya menjadi berkurang. Jumlah urin yang dikeluarkan juga agak berkurang dari ketika ia berusia 1 bulan, karena sistem saraf bayi Anda yang berfungsi mengatur frekuensi buang air kecil akan semakin berkembang seiring dengan bertambahnya usia Si Kecil. Perhatikan kapan waktunya harus mengganti popok Si Kecil untuk mencegah iritasi kulit. Popok Merries yang memiliki Urine Indicator, dapat berganti warna sehingga mempermudah Anda mengetahui kapan Anda harus mengganti popok Si Kecil. Popok Merries juga memiliki ‘Alarm Penanda’ berupa dua garis kuning di luar popok yang akan berubah menjadi warna biru jika popok sudah penuh dan harus diganti. (Aulia/Dok.M&B)