Type Keyword(s) to Search
ARCHIVE

Membuat Resolusi Bersama Anak

Membuat Resolusi Bersama Anak

Masih dalam suasana tahun baru, Anda masih bisa memikirkan target apa saja yang akan Anda raih selama 1 tahun ke depan. Anda juga bisa membuatnya bersama Si Kecil, lho! Ya, ajarkan ia cara membuat resolusi sejak dini. Jangan lupa, buatlah dengan cara yang disesuaikan dengan kemampuan Si Kecil ya!


1.  Spesifik
Untuk menembus target, carilah target dan tujuan yang spesifik dan rinci untuk dilakukan. Buatlah Si Kecil untuk merasa percaya diri dengan kemampuannya, dan bila ia merasa 'kalah' atau bila tidak sesuai dengan keinginannya, besarkan hatinya, dan katakan padanya bahwa kesuksesan datang setelah ada kegagalan.


2.  Bekerja sama
Target yang tercapai bisa dihasilkan dari kerja sama yang baik. Jadi, bila Anda dan Si Kecil memiliki 1 tujuan, bicarakan tentang apa yang Anda dan ia inginkan, kendala, hingga dukungan apa yang bisa diberikan.


3.  Realistis
Jika tujuan atau target tidak didasarkan pada realitas, mungkin resolusi Anda akan berakhir tidak menyenangkan. Sebaiknya, Anda membantu anak-anak Anda memilih target sesuai kemampuan mereka. Misalnya, di tahun lalu nilainya masih B, Anda dan Si Kecil bisa menaikkan targetnya menjadi B+. Yang penting, perubahan itu nyata dan hari esok lebih baik dari hari ini, juga kemarin. (Gita/DMO/Dok. Freedigitalphotos)