Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

5 Makanan Penyebab Kista Ovarium

5 Makanan Penyebab Kista Ovarium

You are what you eat! Pernah mendengar istilah itu kan, Moms? Kalimat tersebut sering diserukan untuk meningkatkan semangat makan sehat, karena terlalu sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat bisa memicu berbagai penyakit. Nah, salah satu masalah kesehatan yang bisa muncul akibat mengonsumsi makanan tidak sehat adalah kista ovarium atau sering disebut PCOS (polycystic ovary syndrome).

Baca juga: Kenali Berbagai Jenis Kista Ovarium dan Tanda Awalnya

Menurut Healthline, sekitar 50 persen wanita dengan kista ovarium mengalami kelebihan berat badan atau bahkan obesitas. Walau belum terbukti benar, besar kemungkinan ada kaitan erat antara kista ovarium dan resistensi insulin. Itulah yang menyebabkan wanita dengan kista ovarium sering kesulitan untuk menurunkan berat badan.

Oleh karena itu, sangat penting buat kita untuk mengonsumsi makanan sehat. Jangan sampai makanan yang Anda konsumsi bisa menyebabkan risiko kista ovarium ya, Moms! Waspadai beberapa makanan penyebab kista ovarium berikut ini.

1. Makanan cepat saji

Makanan yang sering disebut junk food ini memang terkenal buruk untuk tubuh, terutama buat Anda yang sudah mengalami kista ovarium. Makanan cepat saji meningkatkan risiko komplikasi berbagai penyakit, karena mengandung lemak jenuh, kolesterol tinggi, dan banyak pengawet. Semua itu tentu tidak baik untuk kesehatan Anda ya, Moms.

2. Gluten

Makanan yang mengandung gluten, seperti gandum, ternyata bisa memicu kista ovarium, lho. Melansir Healthline, sebuah studi meneliti 207 wanita yang mengalami kista ovarium, dan sekitar 75 persen dari mereka mengalami penurunan nyeri akibat kista ovarium setelah mengurangi makanan yang mengandung gluten.

3. Daging merah

Beberapa penelitan menguak fakta bahwa konsumsi daging merah yang berlebihan bisa meningkatkan risiko kista ovarium. Daging merah adalah makanan tinggi kolesterol, yang jika dikonsumsi terlalu sering dan banyak bisa menyebabkan berkembangnya sel tidak normal pada tubuh, termasuk ovarium.

4. Alkohol

Minuman beralkohol memang sama sekali tidak baik untuk tubuh kita ya, Moms. Minuman beralkohol ternyata bisa meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh, dan hal ini tentu saja bisa meningkatkan risiko Anda mengalami kista ovarium.

5. Lemak jenuh

Lemak jenuh adalah jenis lemak yang umumnya berasal dari hewan, seperti daging unggas, daging merah, dan produk susu. Semua makanan yang tinggi kandungan lemak jenuh bisa meningkatkan risiko Anda terkena kista ovarium. Contoh makanan yang mengandung lemak jenuh adalah mayones, minyak sayur, dan tentu saja berbagai makanan cepat saji.

Berapa banyak kita boleh mengonsumsi makanan mengandung lemak jenuh? The American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi lemak jenuh maksimal 5-6 persen saja dari total kalori harian Anda.

Apakah kista mengganggu kesuburan?

Kista memang bisa mengganggu proses terjadinya kehamilan, tapi tergantung dari jenis dan ukurannya serta dampaknya pada indung dan saluran telur. Kista endometriosis seberapa pun besarnya bisa mengganggu terjadinya pembuahan, karena sperma tidak bisa sampai ke ovum. Hal ini terjadi karena sperma mati saat terkena cairan di rongga panggul.

Kista jenis apa pun bisa menyebabkan terjadinya gangguan ovulasi, karena rusaknya jaringan sehat di ovarium yang diduduki oleh kista. Makin cepat dioperasi, maka makin banyak juga jaringan sel telur yang bisa diselamatkan. (M&B/Tiffany Warrantyasri/Foto: Freepik)